Sponsors Link

12 Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang Sembuh Dengan Cepat

Sponsors Link

Sakit gigi adalah penyakit yang nyerinya luar biasa. Harus dilakukan cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang. Penyebabnya bermacam-macam. Salah satu jenis sakit gigi yang sangat perih adalah gigi berlubang.

ads

Rasa sakit gigi karena gigi berlubang dengan gusi bengkak sukar dibedakan. Bahkan, gusi bengkak inilah yang menjadi penyebab munculnya gigi berlubang gejala kanker mulut.

Gusi bengkak memang asal muasal gangguan pada gigi. Pasalnya, pembengkakan yang terjadi merusak jaringan akar dan tulang di dalamnya. Dampaknya, gigi berlubang dengan cepat. Berikut beberapa gejalanya, yaitu:

  • Terkadang menimbulkan rasa sakit.
  • Gusi bernanah.
  • Perasaan tidak enak di dalam mulut.
  • Nafas tidak segar dan mengeluarkan bau tidak sedap.
  • Terjadi pendarahan pada gusi.

Cara Mengobati Gusi Bengkak

Jika gejala gusi bengkak mulai muncul, aktivitas anda akan terganggu. Karena rasa nyerinya menghilangkan fokus dan konsentrasi saat bekerja. Atas dasar itulah, mengobati gusi bengkak dengan makanan penyembuh sariawan harus dilakukan sejak dini.

Namun, pastikan tindakan pengobatan tidak boleh sembarangan. Berikut beberapa cara menghilangkan gusi bengkak karena gigi berlubang yang bagus, yaitu:

  1. Tetap Menjaga Kebersihan Gigi

Jika ingin mengurangi bengkak pada gusi, jaga kesehatan mulut dan kebersihan gigi. Jika dilakukan maksimal, rasa nyerinya juga berkurang. Teknik yang bisa dilakukan adalah menggosok gigi secara teratur. Pastikan pola menggosoknya lembut agar gusi tidak mengalami iritasi.

  1. Kompres Dingin

Cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang  dengan pengobatan sindrom sjogren kedua adalah kompres dingin. sentuhan dingin pada gusi juga bagus untuk menghilangkan bengkak.

Caranya mudah, anda tinggal meletakkan es batu pada pipi yang terasa nyeri. Untuk hasil maksimal, ulangi pengobatan minimal 3-4 kali sehari. Durasi maksimalnya adalah 15 menit atau sampai nyeri reda.

  1. Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur bisa digunakan untuk menghilangkan gusi bengkak. Syaratnya adalah menu makanan tersebut harus direbus. Alasannya adalah selain mudah dikunyah, kandungan vitamin C nya tetap ada. Senyawa inilah yang melakukan anti inflamasi pada radang.

  1. Tidak Merokok dan Mengonsumsi Alkohol

Rokok dan alkohol merupakan benda paling mengganggu kesehatan gusi. Karena salah satu senyawanya ada yang melakukan penghambatan pada serapan gizi penyebab jenis jenis sariawan.

Selain itu, jika alkohol dan nikotin menempel pada gusi, akan muncul plak. Lama kelamaan gusi akhirnya bengkak dan berlubang.

Sponsors Link

  1. Tidak Konsumsi Makanan Berkadar Gula Tinggi

Makanan terlalu manis, tidak bagus untuk kesehatan. Pasalnya, senyawa gula tidak bisa diserap secara mudah oleh saluran pencernaan. Selain itu, jika sisa makanan menempel pada email gigi, gigi cepat keropos dan bengkak. Hal ini sudah terbukti. Utamanya bagi anak-anak.

  1. Pereda Nyeri

Cara menghilangkan gusi bengkak dan cara membersihkan gusi selanjutnya adalah minum obat tertentu. Biasanya, penderita diberikan obat jenis acetaminophen. Teknik pemberian obat kadang diiringi dengan konsumsi paracetamol. Namun, jika penyakit tidak juga sembuh, asam mefemanat menjadi obat gusi bengkak selanjutnya.

  1. Kumur Air Garam

Obat kumur sudah banyak dijual di apotik. Namun, sebagian besar mengandung bahan kimia dan harganya mahal.  Anda bisa menggantinya dengan berkumur menggunakan garam. Efeknya relatif sama. Karena garam juga mengandung sifat antibakteri dan anti radang.

  1. Minyak Cengkeh

Cara mengobati gusi bengkak dan pengobatan stomatitis aftosa yang alami adalah menggunakan minyak cengkeh. Tips pakainya mudah, tinggal teteskan saja menggunakan alat pengorek kuping.

Namun, pastikan kadar olesannya sedikit saja dan jangan ditelan. Memang, kandungan minyak cengkeh bagus untuk anti radang. Cuma kalau tertelan membuat perut panas.

  1. Jahe

Jahe adalah rempah dapur yang bekerja sebagai anti inflamasi. Maka dari itu, bumbu ini juga bagus untuk gusi bengkak. Anda bisa membuat pasta jahe dengan sedikit campuran garam. Teteskan sedikit air, kalau sudah kental oleskan pada gusi.

Sponsors Link

  1. Berkumur dengan Lemon

Buah penyembuh sariawan jeruk lemon mengandung PH alkali dengan jumlah ideal. Fungsinya adalah melakukan netralisasi asam di mulut penyebab bakteri gusi.

Caranya adalah peras lemon lalu masukkan airnya ke dalam gelas. Campurkan air hangat secukupnya lalu gunakan berkumur-kumur.

  1. Belimbing Wuluh

Pengobatan leukoplakia Buah belimbing wuluh masih kurang populer. Padahal khasiatnya sangat besar untuk menyembuhkan gusi bengkak karena gigi berlubang. Caranya adalah haluskan belimbing wuluh lalu tempelkan ke pipi yang nyeri. Diamkan beberapa saat hingga rasa nyerinya berkurang.

  1. Daun Jambu Biji

Cara menghilangkan gusi bengkak dan bahaya nekrosis pulpa karena gigi berlubang yang terakhir adalah menggunakan daun jambu biji. Tumbuhan ini ternyata mengandung sifat anti bakteri yang bagus untuk pembengkakan.

Selain menghilangkan gusi bengkak, ternyata daun ini juga ampuh untuk meredakan nyeri syaraf dan membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Demikian beberapa cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang dari bahaya degenerasi pulpa. Semoga ada manfaatnya untuk kita semua. Pastikan iringi pengobatan dengan tetap menjaga kesehatan mulut. Karena gangguan berawal dari oral yang tidak steril.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Saturday 29th, June 2019 / 03:26 Oleh :
Kategori : Pengobatan