Sponsors Link

11 Cara Mengobati Bibir Luka Karena Tergigit Tidak Perih dan Aman

Sponsors Link

Pernahkah, sedang asyik makan, tiba-tiba bibir tergigit sampai terluka? Jangan sepelekan. Karena itu bisa berujung penyakit stomatitis aftosa. Saran kami, segera obati secepatnya dengan cara mengobati bibir luka karena tergigit dan tips agar bibir indah. Jika terlambat, teknik pengobatannya lebih sukar.

ads

Memang, ada yang mengatakan kalau bibir luka karena tergigit, bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, ini cukup riskan. Apalagi jika luka berhasil diinfeksi oleh  bakteri. Bukan tidak mungkin, komplikasi kanker mulut yang akan muncul.

Atas dasar itulah, di artikel berikut ini, kami akan menjelaskan cara mengobati bibir luka karena tergigit sebelum efek lipstik pada bibir yang terjadi. Minimal dilakukan sebelum luka semakin parah. Ini dia tekniknya, yaitu:

1. Kumur Air Garam

Kumur mulut menggunakan larutan garam adalah cara mengobati bibir luka yang pertama. Pasalnya, bumbu penyedap rasa makanan pencegah panas dalam ini mengandung yodium yang berfungsi sebagai zat anti bakteri. Sehingga dengannya, luka tidak meradang dan tidak membengkak.

2. Kompres Menggunakan Es Batu

Es batu juga bisa digunakan untuk menghentikan pendarahan bibir akibat tergigit. Karena efek dinginnya bermanfaat sebagai antiseptik yang akan menutup luka dengan segera. Selain itu, dengan teknik ini, rasa sakit akan reda. Karena sel yang pecah bisa dinetralisir sehingga yang muncul adalah rileksasi.

Namun, teknik ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Sebisa mungkin, jangan diterapkan ketika pasien sedang mengalami flu. Jika pun harus mengulumnya, pastikan terlebih dahulu, pasien tidak bermasalah dengan gigi sensitif. Karena aktivitas tersebut justru bisa membuat rasa ngilu semakin tajam.

3. Mengoleskan Madu dan Gula Pasir

Jika ingin mengobati bibir yang terluka secara alami, silakan gunakan campuran makanan penyembuh sariawan yaitu antara madu dan gula pasir. Oleskan secara teratur pada area yang terluka.

Gula pasir berfungsi untuk mencegah pertumbuhan mineral di dalam luka. Supaya tidak ada protein yang menjadi nutrisi bagi bakteri jahat. Sedangkan madu berfungsi sebagai anti infeksi. Sehingga, luka tidak menyebar ke area yang lain.

4. Tidak Banyak Menggerakkan Mulut

Jika bibir sedang terluka, usahakan tidak terlalu banyak menggerakkan mulut. Apalagi sampai tertawa terbahak-bahak. Pasien juga harus memperhatikan makanan yang dimasukkan ke dalam mulut. Usahakan jumlahnya tidak terlalu banyak.

Sebab, menutupnya luka di bibir, ditentukan pula oleh posisi mulut. Jika sering terbuka, tentu luka ikut membesar.

5. Banyak Minum Air

Jika kulit ada yang terluka, pasien rawan mengalami dehidrasi. Karena semua mineral tubuh, berusaha menjaga luka dari infeksi. Ketika semua air tubuh terjaring ke dalam sel kulit yang terluka, termasuk bibir, tentu organ yang lain kekurangan mineral.

Maka dari itu, jika bibir sedang terluka, banyaklah minum air bukan banyak makan makanan penyebab kanker mulut. Supaya pasien tidak mengalami masalah kesehatan yang lebih parah.

Sponsors Link

6. Periksa Ke Dokter

Jika dirasa sudah melakukan tindakan pengobatan yang maksimal, tetapi penyakit tidak juga hilang, lebih baik segera bawa ke dokter. Ini juga berlaku untuk luka bibir yang tidak kunjung sembuh.

7. Menempelkan Kantung Teh Bekas

Cara mengobati bibir luka karena tergigit dan cara menghilang bintik putih pada pinggir bibir selanjutnya adalah menempelkan kantung teh bekas. Maka dari itu, jika selesai menggunakannya jangan langsung dibuang, terutama jika bibir sedang terluka.

Ini dikarenakan kantung teh bekas memiliki sifat basa yang cukup ideal. Sehingga mampu menurunkan kadar keasaman pada darah yang keluar dari bibir.

8. Jauhi Masakan Pedas

Jika pasien penyuka masakan pedas, maka tahan terlebih dahulu jika bibir sedang terluka. Karena makanan semacam ini membuat bibir terasa nyeri. Selain itu, rasa pedas bisa menstimulus sel bibir untuk meningkatkan respon perlawanan. Sehingga, bibir terasa membengkak. Ini yang berbahaya jika bibir luka.

9. Berkumur dengan Produk Khusus

Luka di bibir atau sariawan bisa disembuhkan dengan cara mengatasi bibir gatal yaitu, berkumur menggunakan produk khusus. Biasanya, obat kumur yang bagus adalah obat yang mengandung zat antiseptik, antijamur dan no kortikosteroid. Karena zat inilah yang bisa mengobati luka dengan cepat.

Sponsors Link

10. Gunakan Baking Soda

Baking soda adalah obat luka bibir dan obat macam macam penyakit gigi yang bisa dibeli di toko terdekat. Khasiatnya adalah mencegah radikalisasi sel penyebab kanker serta sifat alkalinya berfungsi untuk menutup luka.

Cara penggunaannya cukup mudah. Pasien tinggal melarutkan baking soda ke dalam segelas air. Setelah itu, aduk sampai rata lalu jadikan berkumur-kumur.

11. Minum Yoghurt

Cara mengobati bibir terluka penyebab sariawan di gusi selanjutnya adalah dengan minum yogurt. Teknik ini juga bagus, jika luka sudah berubah menjadi sariawan. Yogurt adalah minuman yang mampu memproduksi bakteri “baik” pada bibir. Sehingga kemunculannya bisa menjadi penyeimbang.

Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal, gunakan yogurt yang murni tanpa gula. Memang rasanya hambar, tetapi khasiatnya besar.

Untuk meraih hasil positif dari cara mengobati bibir luka karena tergigit dari bahaya stomatitis aftosa, lakukan tips di atas secara teratur. Inga! Usaha tidak menyalahi hasil, termasuk mencari obat terbaik.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Tuesday 17th, September 2019 / 07:46 Oleh :
Kategori : Pengobatan