Sponsors Link

5 Cara Mengobati Bibir Kesemutan Agar Cepat Reda

Sponsors Link

Umumnya, kesemutan atau mati rasa terjadi pada kaki, tangan, jari dan paha. Semua manusia pasti pernah mengalami masalah ini dalam kehidupannya. Namun, pernah dengarkah anda kalau kesemutan juga menyerang bibir? penyakit yang harus diobati dengan cara mengobati bibir kesemutan dan cara agar bibir tidak hitam yang mahal?

ads

Sekalipun jarang terjadi, bibir kesemutan adalah fakta. Bahkan, sensasi mati rasa lebih lama dan nyeri dibandingkan kesemutan di area lain.

Penyebab Utama Bibir Kesemutan

Jika mulut mengalami kesemutan akibat bahaya kumur air garam setiap hari, dijamin kondisi tubuh anda secara keseluruhan ikut terimbas. Sehingga aktivitas anda menjadi terganggu. Apalagi yang berhubungan dengan mulut.

Atas dasar itulah, penyebab kesemutan bibir harus diketahui sejak dini. Sehingga anda bisa mencegahnya sebelum gangguan benar-benar terjadi. Ini dia penyebab-penyebab tersebut, yaitu:

1. Tidak Sengaja Tergigit

Penyebab pertama adalah bibir tidak sengaja tergigit. Sehingga jaringan saraf di bibir mengalami keterjepitan sesaat. Jika bentuk gigitan keras dan lama, kesemutan bisa berganti nyeri. Bahkan akan muncul peradangan yang ekstrem. Ini juga termasuk bahaya mengunyah daun sirih dengan cepat.

2. Alergi

Efek alergi tidak hanya flu dan gatal gatal saja. Kesemutan pada bibir juga disebabkan olehnya. Maka dari itu, pastikan anda menghindari segala macam penyebab alergi. Baik yang berupa makanan, polusi, debu dan penyebab lainnya.

Sesungguhnya, alergi tidak membahayakan tubuh. Justru, perubahan ini menjadi pertanda kalau imunitas masih cukup baik. Namun, jika alergi tidak kunjung sembuh, anda patut waspada.

3. Gula Darah Rendah

Bibir kesemutan juga disebabkan oleh gula darah rendah penyebab gejala kanker mulut. Ini ada kaitan antara penurunan kadar glukosa dengan fungsi otak. Yang mana, glukosa sudah memengaruhi neuron agar bekerja di luar fungsinya. Sehingga, sel syaraf bibir ikut mengalami masalah.

4. Kurang Vitamin B-12

Pastikan, asupan vitamin B 12 harian memenuhi syarat. Jika tidak, saraf mulut akan lemah hingga bibir mudah kesemutan.

Perlu diketahui, vitamin B12 dibutuhkan tubuh sebagai nutrisi penghasil sel darah merah. Tanpa asupan yang ideal, tentu suplai energi menjadi lemah, sirkulasi darah tidak lancar, kesehatan saraf juga terganggu.

5. Kejang

Bibir kesemutanyang merupakan efek dari bahaya merokok bagi kesehatan mulut biasanya dibarengi dengan salah satu anggota tubuh yang kejang. Jika ini terjadi, berarti di tubuh sedang ada penyakit berbahaya. Seperti tumor bahkan epilepsi. 

Sponsors Link

Cara Mengobati Bibir Kesemutan

Untuk anda yang mengalami bibir kesemutan akibat penyebab di atas, jangan khawatir. Gangguan tersebut bisa disembuhkan, baik secara medis maupun rawat rumahan. Bahkan bisa dihilangkan dengan makan vitamin untuk bibir kering dan pecah pecah.

Berikut ini beberapa cara mengobati bibir kesemutan yang sering dilakukan. Jika sakit masih berlanjut, lebih baik segera ke dokter agar bisa ditangani lebih detil.

1. Hindari Makanan Pemicu Alergi

Bibir kesemutan karena alergi, biasanya sembuh sekalipun tanpa pengobatan. Syaratnya cuma satu, yaitu pasien menghindari segala macam makanan pemicu alergi. Jika ini belum berhasil, anda bisa menemui dokter agar diberikan obat anti alergi.

2. Konsumsi Makanan Manis dan Berserat Tinggi

Cara mengobati bibir kesemutan akibat menurunnya kadar gula darah dan tips mengembalikan ciri ciri lidah yang sehat, lebih mudah lagi. Pasien tinggal mengkonsumsi makanan yang manis saja. Akan tetapi, jika anda takut diabetes, anda bisa mengganti dengan makan makanan berserat. Silakan padukan kedua jenis makanan ini secara teratur.

Sponsors Link

3. Penuhi Asupan Vitamin B

Bibir kesemutan bisa diobati dengan cara membersihkan gusi dari makanan tertentu. Misalnya menyantap makanan dengan kandungan vitamin B12 seperti susu kedelai, telur, tahu dan tempe.

Untuk tahap ini, pasien bisa meminum suplemen vitamin B 12. Namun, pastikan dosis tepat dan sesuai resep dokter.

4. Mengkonsumsi Obat-Obatan dan Terapi Tertentu

Sudah dijelaskan di atas, bibir kesemutan disebabkan oleh penyakit tertentu. Seperti tumor dan epilepsi. Untuk kasus ini, cara mengatasi hanya satu yaitu menyembuhkan penyakit inti terlebih dahulu. Atas dasar itu, tindakan terapi dan kemoterapi, menerapkan tips agar nafas tidak bau, serta minum obat antiepilepsi adalah langkah tepat untuk mengobati bibir kesemutan.

5. Dengan Perawatan Rumah

Selain cara di atas, anda juga bisa mengobati mulut kesemutan dengan perawatan rumahan. Berikut beberapa diantaranya yang bisa dicoba, yaitu:

  • Berkumur dengan air garam
  • Menggunakan kompres dingin
  • Mengoleskan krim atau salep
  • Minum obat oral anti histamin.

Demikianlah cara mengobati bibir kesemutan dan rongga mulut bengkak yang bagus dan aman. Dengan tips ini, rasa nyeri dan mati rasa pada bibir menjadi hilang. Sehingga anda bisa makan, berbicara dan aktivitas oral lainnya dengan nyaman.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 24th, July 2019 / 03:05 Oleh :
Kategori : Pengobatan