Sponsors Link

Begini 11 Cara Mengobati Bibir Jontor Karena Jatuh Paling Cepat dan Aman

Sponsors Link

Bibir bengkak banyak penyebabnya. Salah satunya adalah akibat jatuh dan terbentur benda keras. Pembengkakan ini terjadi, karena ada pembekuan darah di area bibir. Sehingga mineral menumpuk yang menyebabkan jaringan bibir membengkak. Saran, atasi dengan cara mengobati bibir jontor karena jatuh atau dengan tips agar bibir indah.

ads

Jika masalah efek lipstik pada bibir ini muncul, jangan sepelekan. Selain karena rasa sakit yang parah, luka pada bibir juga menyebabkan kanker. Maka dari itu atasi dengan cara yang kami sebutkan di bawah ini. Silakan disimak lalu terapkan di rumah, yaitu:

1. Kompres Luka dengan Es Batu

Cara mengobati bibir jontor karena jatuh dan cara agar bibir tidak hitam yang pertama adalah kompres bibir menggunakan air dingin atau es batu. Fungsinya ialah untuk mengempeskan bengkak dan mengurangi rasa nyeri.

Lebih baik gunakan handuk bersih jika melakukan kompres. Karena jika luka bersentuhan langsung dengan es, justru pembekuan darah semakin bertambah.

2. Mengoleskan Gel Lidah Buaya

Bibir jontor karena jatuh bisa diatasi dengan mengoleskan getah atau gel lidah buaya. Ini tergolong solusi herbal yang aman dan bebas efek samping. Caranya ialah, potong batang lidah buaya lalu teteskan getahnya ke cangkir kecil. Baru oleskan ke bibir setelah itu bilas sampai bersih.

3. Pastikan Bibir Tidak Kering

Jika bibir bengkak dan meradang, pastikan kondisinya tidak kering. Karena ini justru memicu luka yang lebih akut. Maka dari itu, jaga bibir tetap lembap dengan makan makanan pencegah panas dalam. Jika perlu, gunakan lip balm atau pelembab bibir yang dijual di toko kosmetik.

4. Menjaga Kebersihan Mulut

Mulut yang kotor karena makanan penyebab kanker mulut memengaruhi pembengkakan bibir akibat jatuh. Karena bakteri yang ada di dalamnya, bisa masuk ke dalam luka. Maka dari itu, daripada bibir mengalami infeksi, lebih baik bersihkan mulut secara rutin. Caranya dengan menggosok gigi atau berkumur menggunakan mouthwash.

5. Makan Makanan Bertekstur Lembut

Kalau bibir sedang bengkak, hindari dulu makanan yang kasar. Ganti dengan menu yang bertekstur lebih lembut. Karena jika bibir tergigit, luka yang muncul akan semakin membesar. Sehingga, proses penyembuhannya lebih lama.

6. Konsultasi Ke Dokter

Jika bibir jontor tidak juga kempes, sekalipun sudah dilakukan tindakan pencegahan, lebih baik bawa ke dokter. Supaya dilakukan tindakan penanganan yang lebih mendalam. Karena khawatir, bibir bengkak tersebut adalah gejala penyakit lain yang lebih berbahaya.

Bahkan, kanker bibir pun tanda-tanda awalnya adalah bibir bengkak tidak juga sembuh. Maka dari itu, mendatangi dokter adalah solusi antisipasi yang baik dilakukan.

Sponsors Link

7. Kenali Gejala Bibir Bengkak

Untuk mengobati bibir bengkak karena jatuh, pelajari terlebih dahulu gejalanya. Jika selama 2-3 hari tidak kempes, berarti ada masalah dengan bibir. Lebih baik lakukan tindakan medis yang lebih detail. Jika tidak, penyakit bisa menyebar dengan cepat.

8. Oleskan Ramuan Baking Soda

Cara mengatasi bibir jontor karena jatuh selanjutnya adalah mengoleskan ramuan baking soda. Tips ini cukup efektif, karena bahan tersebut mengandung zat antiseptik alami.

Caranya adalah larutkan baking soda dengan beberapa tetes air. Setelah itu aduk sampai mengental. Oleskan pada bibir lima menit setelah itu bilas menggunakan air dingin.

9. Kompres Menggunakan Air Hangat

Bibir bengkak bisa diatasi dengan mudah. Caranya adalah mengompres menggunakan air hangat atau makan makanan penyembuh sariawan. Jika cara ini dilakukan secara teratur, biasanya, dua tiga hari, bibir bengkak akan kempes.

Sponsors Link

Pengobatan ini dilakukan jika peradangan penyebab sariawan di gusi sudah muncul. Jika masih belum, tindakan pencegahan bisa dilakukan. Selain untuk bengkak karena jatuh, cara ini bisa diterapkan pada radang karena ulat bulu maupun digigit serangga.

10. Kompres Menggunakan Witch Hazel

Jika menemukan tanaman hias Witchs Hazel, maka daunnya bisa dijadikan obat untuk mengatasi bibir bengkak. Caranya adalah rebus daun bunga ini lalu saring airnya. Jadikan alat mengkompres bibir yang bengkak.

Tanaman ini mengandung zat antiradang yang kadarnya ideal. Makanya mampu mengobati pembengkakan pada bibir. Apalagi jika ramuannya dioleskan secara teratur minimal dua tiga kali sehari.

11. Minum Obat Pereda Nyeri

Solusi bibir bengkak dan bahaya nekrosis pulpa selanjutnya adalah minum obat pereda nyeri. Pil ini bisa didapatkan di apotik terdekat. Sedangkan jenisnya bermacam-macam diantaranya adalah parasetamol dan ibuprofen.

Sekalipun cukup berkhasiat, konsumsi obat ini tidak boleh sembarangan. Pastikan sudah sesuai dengan dosis dokter. Karena jika berlebihan, justru efek samping obat bisa menyerang. Seperti muntah hingga bahaya stomatitis aftosa.

Demikian beberapa cara mengobati bibir jontor karena jatuh dan macam-macam penyakit gigi. Jika tips di atas dilakukan dengan baik, bibir akan kempes dengan cepat.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Wednesday 02nd, October 2019 / 09:29 Oleh :
Kategori : Pengobatan