Sponsors Link

9 Cara Mengobati Bibir Bengkak Akibat Benturan Paling Mudah

Sponsors Link

Semua orang pasti bibirnya pernah terbentur benda keras. Bahkan jumlahnya tidak hanya satu kali tetapi berulang kali. Penyebabnya bermacam-macam. Bisa karena terjedot pintu, tersandung kaki meja dan selainnya. Yang perlu diperhatikan adalah, peristiwa ini bisa membuat area bibir benjol gejala kanker mulut. Maka dari itu, cara mengobati bibir bengkak akibat benturan perlu dijelaskan.

ads

Gangguan ini harus diobati. Pasalnya, memar yang terjadi menimbulkan rasa nyeri. Bahkan, darah yang keluar bisa terinfeksi bakteri yang bisa mengakibatkan borok dan kanker berbahaya.

Cara Mengobati Bengkak Akibat Benturan

Ingin mengobati bibir bengkak tapi tidak tahu caranya? Silakan simak cara mengobati bengkak akibat benturan dengan makanan penyembuh sariawan berikut ini, yaitu:

1. Es Batu

Meredakan bengkak bisa dengan dikompres. Sedangkan bahannya anda bisa menggunakan es batu. Syaratnya adalah, pasca terbentur, jangan diamkan. Segera kompres dengan cepat sebelum pembengkakannya muncul.

Sebagai pertolongan pertama, teknik pengobatan sindrom sjogren ini sangat bagus untuk dicoba. Pasalnya, perubahan suhu panas langsung ke dingin, bisa merelaksasi pembekuan darah yang akan terjadi. Sehingga peradangan tidak muncul.

2. Air Hangat

Gejala bahaya nekrosis pulpa yaitu bengkak karena terbentur, biasanya tidak langsung muncul. Tetapi menunggu dua tiga hari pasca kejadian, baru peradangan terjadi.  Nah, jika pembengkakan sudah muncul, ambil air hangat lalu kompres area sekitarnya. Lakukan berulang kali dengan lembut.

Hal ini untuk melancarkan sirkulasi darah di dalamnya. Sehingga darah yang beku kembali mengalir. Apalagi kasus bengkak karena benturan. Yang efeknya adalah penumpukan darah disertai pergeseran otot.

3. Nanas

Semua orang pasti suka rasa buah nanas. Selain manis dan segar, buah ini juga bisa dibuat berbagai macam olahan. Termasuk dibuat selai dan kue kering. Jauh daripada itu, buah nanas juga bermanfaat untuk pengobatan. Salah satunya adalah meredakan memar dan sebagai cara membersihkan gusi.

Nanas memiliki senyawa bagus yang berfungsi sebagai pro sirkulan. Dengannya pembekuan darah bisa dicegah dengan menghancurkan protein pro inflamasi. Caranya adalah konsumsi nanas secara teratur pasca mengalami benturan. Nantinya, nutrisi buah akan bekerja maksimal dari dalam tubuh.

4. Witch Hazel

Cara mengobati bibir bengkak akibat benturan yang selanjutnya adalah menggunakan Witch Hazel. Sebuah tanaman yang multi fungsi. Diantaranya adalah untuk merawat kulit dan mencegah bengkak. Bukan itu saja, bunga dari tanaman ini bagus sebagai antiseptik. Sehingga luka karena benturan bisa sembuh dengan segera.

Cara pakainya juga cukup mudah. anda tinggal menghancurkan tanaman ini lalu dicampur sedikit air. Jika sudah mengental, oleskan pada area bibir yang bengkak.

Sponsors Link

5. Jahe

Jahe merupakan makanan pencegah sariawan dari tanaman spesies rempah yang bisa menghangatkan tubuh. Maka dari itu, fungsi jahe tidak hanya perasa makanan, tetapi juga sebagai obat. Menurut penelitian, jahe mengandung curcumin yang bersifat anti inflamasi. Selain itu, kandungan betakaroten-nya bekerja sebagai antiseptik yang bagus untuk luka.

Cara membuatnya adalah hancurkan jahe lalu masukkan airnya ke dalam gelas. Campurkan sedikit madu lalu minum secara teratur. Anda juga bisa menjadikannya salep yang dioleskan pada kulit yang bengkak.

6. Cabai

Cabai juga bisa digunakan untuk mengatasi bengkak dan pengobatan leukoplakia. Karena hawa panasnya bisa menetralisasi darah yang beku akibat benturan. Berikut ini beberapa caranya yaitu:

  • Iris cabai hingga hancur
  • Campurkan dengan body lotion
  • Balurkan lotion cabai ke area yang bengkak.
  • Diamkan selama 20 menit
  • Bersihkan

7. Kulit Pisang

Tidak ada satu orang pun yang berminat dengan kulit pisang. Setelah buah dimakan, kulit langsung masuk tempat sampah. Padahal, benda ini bagus untuk bengkak. Karena di balik kulit tipis yang berwarna putih, terdapat senyawa anti inflamasi.

Anda tinggal mengoleskan bagian tersebut ke area bibir  yang bengkak. Ulangi dengan lembut hingga rasa nyeri mulai reda.

Sponsors Link

8. Salep

Bengkak adalah bahaya degenerasi pulpa yang biasanya diobati dengan salep. Anda bisa mendapatkannya di apotik terdekat dengan varian bermacam-macam. Ada yang berupa krim maupun gel. Tentunya, pengobatan semacam ini harus lebih hati-hati. Karena efek samping obat terkadang lebih berbahaya dibandingkan penyakit yang akan diobati.

9. Pereda Nyeri

Cara mengobati bibir bengkak gejala sindrom sjogren karena benturan yang ke sembilan adalah menggunakan obat pereda nyeri. Hal ini merupakan antisipasi akan rasa nyeri akibat bengkak di bibir. Ada banyak obat pereda nyeri yang umum digunakan. Diantaranya adalah ibuprofen dan obat jenis parasetamol.

Karena ini obat dalam, maka mengkonsumsinya tidak boleh sembarangan. Pastikan takaran dosisnya tepat. Saran kami, jangan menggunakan obat pereda nyeri jenis aspirin. Karena efek sampingnya justru mengencerkan darah yang menyebabkan radang semakin kronis.

Demikianlah cara mengobati bibir bengkak akibat benturan dan sindrom sjogren yang manjur. Jika dengan obat ini, memar tidak juga hilang, segera konsultasikan ke dokter. Agar bisa dilakukan tindakan pengobatan yang lebih tepat.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Wednesday 03rd, July 2019 / 05:17 Oleh :
Kategori : Pengobatan