Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Panas Dalam Di Bibir yang Luar Biasa

Sponsors Link

Di musim kemarau seperti saat ini, tubuh akan begitu mudah di serang penyakit. Salah satunya adalah penyakit panas dalam. Panas dalam adalah penyakit yang menyerang area mulut terutama di bibir. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri jahat yang kerjanya melukai mulut.

ads

Terutama saat mulut sedang kering. Maka dari itu, hindari makanan panas, pedas dan makanan penyebab mulut kering lainnya jika anda ingin bebas sariawan atau panas dalam.

Panas dalam biasanya menyebar hingga ke tenggorokan. Bahkan, rasa panasnya sampai ke sekujur tubuh atau demam. jika gejala ini sudah terjadi plus terdapat bintik merah pada mulut anak, biasanya bibir juga ikut terluka dengan rasa nyeri luar biasa.

Nah, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang cara menghilangkan panas dalam di bibir dengan cepat dan aman.

  1. Minum Air Kelapa Muda

Air kelapa muda mengandung elektrolit tinggi yang bermanfaat untuk mengembalikan kesegaran badan. jika anda meminum langsung air kelapa muda, panas dalam yang anda alami juga bakal hilang. Bahkan, air kelapa muda juga termasuk cara membuat napas harum sepanjang hari.

  1. Mengoleskan madu

Jika bibir anda terluka karena panas dalam, oleskan saja madu secara rutin. Memang rasanya agak perih. Tetapi, perlahan lahan luka di bibir anda akan menutup dengan sendirinya. Karena madu mengandung senyawa asam amino yang bekerja sebagai pembunuh bakteri ( anti bakteri ) penyebab sariawan.

  1. Ampas teh

Jangan membuang ampas teh celup minuman penghilang bau mulut yang sudah digunakan. Karena ampas tersebut masih bisa anda manfaatkan untuk mengobati luka sariawan. Caranya adalah oleskan ampas teh celup pada bibir anda yang terluka. Diamkan beberapa saat lalu bilas sampai bersih.

  1. Kompres Air Dingin

Bibir terluka karena sariawan bukan masalah besar. Anda bisa menggunakan air dingin untuk mengobatinya. Caranya adalah basahi handuk kecil dengan air dingin lalu tekankan secara lembut pada bibir yang terluka. Jika anda melakukannya dengan benar, luka sariawan pasti hilang, dan bibir anda kembali lembab.

  1. Makan Buah

Buah penyembuh sariawan memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bagus untuk menangkal bakteri. selain itu, kandungan antibodinya juga bagus untuk menyembuhkan luka sariawan. Maka dari itu, banyak makan buah sebagai cara hilangkan bau petai di mulut sangat bagus untuk kesehatan mulut dan bibir anda. apalagi jika anda sedang mengalami sariawan.

Sponsors Link

  1. Jangan menjilat bibir

Kebiasaan membasahi bibir dengan ludah tidak dianjurkan jika bibir anda sedang luka panas dalam. Sebab, ludah bisa menambah perih luka tersebut serta bisa membuat bibir anda lebih kering. Ingat, semakin kering bibir anda, luka panas dalam akan semakin parah.

  1. Hindari Rokok

Rokok adalah satu benda penyebab mulut terasa sepat yang amat berbahaya bagi kesehatan. sebab, lintingan tembakau ini mengandung zat nikotin yang apabila telah mengalami pembakaran, sisa molekulnya akan menjadi racun bagi tubuh. Selain itu, asap rokok ketika melewati bibir akan menimbulkan noda hitam dan penyebab infeksi gusi. Nah noda hitam inilah penyebab bibir kering sehingga mudah terluka.

  1. Oleskan buah Mentimun

Cara menghilangkan panas dalam di bibir yang  selanjutnya adalah mengoleskan makanan pencegah sariawan yaitu buah mentimun yang dilakukan secara rutin setiap hari. Buah mentimun adalah buah yang mengandung banyak air. Jika anda menggunakan buah ini di bibir anda, kelembabannya pasti terjaga. Sehingga luka panas dalam sembuh dengan cepat.

Sponsors Link

  1. Minyak Kelapa

Coconut oil atau minyak kelapa juga bisa digunakan untuk menghilangkan panas dalam di bibir. Minyak ini mengandung fitonutrien yang bekerja sebagai antiinflamasi atau peradangan. Makanya, dengan mengoleskan minyak kelapa di bibir, luka panas dalam perlahan lahan akan mengecil dan hilang dengan sendirinya.

  1. Bawang Putih

Jika anda bisa menahan nyeri, obat tradisional mulut kering bawang putih juga bisa anda coba sebagai cara menghilangkan panas dalam di bibir. Cara pakainya adalah potong tipis bawang putih lalu tempelkan pada bibir anda yang luka.

Jika anda menggunakan cara diatas dengan rutin, dikolaborasikan dengan makanan pencegah bau mulut, niscaya panas dalam di bibir bisa sembuh tanpa anda harus mengeluarkan biaya besar untuk membeli obat obat kimia mahal.

Sponsors Link
, , , , , ,




Post Date: Tuesday 10th, July 2018 / 12:54 Oleh :