Sponsors Link

5 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Baking Powder

Sponsors Link

Karang gigi merupakan hasil penumpukan sisa makanan yang menempel pada gigi terlalu lama. Sisa makanan yang menempel pada gigi ini akan menyebabkan infeksi dan dapat menyusup ke dalam akar atau pun tulang gigi. Penyebab karang gigi bisa bermacam-macam, antara lain adalah :

ads
  • Tidak rutin menggosok gigi terutama setelah sarapan dan sebelum tidur.
  • Tidak bersih saat menggosok gigi.
  • Tidak melakukan kumur-kumur setelah makan.

Karang gigi ini seharusnya tidak boleh dibiarkan terlalu lama karena akan merusak tulang gigi. Infeksi yang disebabkan oleh karang gigi dapat membuat tulang gigi tidak lagi menempel pada gusi sehingga membuat gigi goyang. Karena kuman pada sisa makanan membuat lubang dan masuk ke dalam rongga gigi lalu merusak tulang serta akar gigi. Beberapa orang beranggapan bahwa dengan dibersihkannya karang gigi akan menyebabkan gigi goyang. Padahal itu adalah anggapan yang salah. Jika Anda melakukan pembersihan karang gigi sedini mungkin sebelum adanya infeksi, maka setelah dibersihkan gigi tidak akan goyang. Karena yang menyebabkan goyang bukanlah efek dari pembersihan karang namun infeksi akibat karang gigi.

Apabila karang gigi dibiarkan terlalu lama, maka dapat menyebabkan abses dan menyebar ke tulang gigi di sebelahnya. Bahkan kalau infeksi telah masuk ke saraf dapat menyebabkan kista. Selain itu juga dapat menyebabkan radang gusi (Gingivitis). Sebaiknya sebelum ini terjadi, Anda harus mengetahui cara mencegah radang gusi. Kalau sudah terlanjur, segera pelajari cara mengobati gingivitis. Banyak kemungkinan kerusakan yang terjadi akibat karang gigi. Oleh karena itu, rajinlah dalam membersihkan karang gigi.

Sempatkan minimal setiap 6 bulan sekali melakukan pengecekan kondisi gigi dan pembersihan karang gigi. Namun apabila Anda tidak mempunyai cukup waktu untuk mampir ke dokter gigi, Anda dapat membersihkan karang gigi sendiri di rumah. Banyak cara dalam menghilangkan karang gigi, tapi kali ini hanya fokus pada Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Baking Powder. Apabila Anda di rumah tidak memiliki baking powder, boleh diganti dengan baking soda. Perbedaan baking powder dan baking soda hanya ada pada kandungan bahan asamnya. Baking soda hanya merupakan sodium bicarbonate saja. Sedangkan baking powder terdapat penambahan bahan asam.

Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Baking Powder

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan karang gigi dengan salah satu bahan yang mudah di temukan dirumah yaitu baking powder:

  1. Baking powder

Membersihkan karang gigi dengan menggunakan baking powder ini sudah cukup dikenal. Sifatnya yang bersoda dapat membuat karang gigi perlahan keropos. Oleh sebab itu, beberapa menggunakan baking soda untuk membersihkan karang gigi. Caranya dengan campur baking powder dengan air sampai berbentuk pasta, kemudian taruh di atas sikat gigi lalu gosok dan diamkan selama 10 menit. Kumur dengan air hangat.

  1. Baking powder dan odol

Sebagian orang lebih suka menambah odol saat membersihkan karang gigi. Caranya campur 1 sendok teh baking powder dan odol secukupnya, letakkan di atas sikat gigi, lalu gosok merata. Diamkan selama 10 menit dan kumur dengan air hangat.

Sponsors Link

  1. Baking powder dan garam

Selain menggunakan odol, baking powder dapat juga ditambahkan dengan garam. Campurkan baking powder dan garam plus air secukupnya hingga berbentuk pasta. Taruh di atas sikat gigi, lalu gosok dan diamkan selama 5 menit. Kumur dengan air hangat.

  1. Baking powder dan lemon

Lemon juga dikenal ampuh untuk mengikis karang gigi. Caranya campur 1 sendok perasan lemon dengan baking powder sehingga berbentuk pasta. Taruh di atas sikat gigi, gosok merata dan diamkan selama 2 menit saja. Kumur dengan air hangat.

  1. Baking powder dan jeruk nipis

Terakhir, lemon dapat juga digantikan dengan jeruk nipis apabila di rumah Anda tidak tersedia. Untuk caranya sama dengan poin ke-4.

Demikianlah Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Baking Powder yang dapat Anda coba di rumah. Lakukan 2-3 kali seminggu sampai karang gigi bernar-benar bersih. Selamat mencoba!

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 13th, November 2017 / 06:56 Oleh :
Kategori : Karang Gigi