Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Bintik Merah Pada Lidah yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Bintik merah pada lidah bukan termasuk ciri ciri lidah yang sehat tetapi merupakan gangguan kesehatan mulut yang harus segera diatasi. Sebab, gangguan yang dikenal dengan istilah lidah strawberry ini bisa menimbulkan rasa nyeri dan panas yang luar biasa. Makan menjadi tidak enak dan minum pun menjadi tidak nikmat.

ads

Lidah penuh bintik merah biasanya disebabkan oleh alergi, salah makan, infeksi bakteri  dan juga akibat penyakit degeneratif ringan. Sedangkan pemicu gangguan yang paling besar adalah kebiasaan mengkonsumsi makanan panas dan pedas.

Nah, pada artikel berikut ini, kami akan list beberapa cara menghilangkan bintik merah pada lidah yang bisa anda lakukan di rumah. Kami jamin, cara ini cukup manjur untuk mengembalikan warna lidah seperti sedia kala.

  1. Konsumsi Makanan Dengan Kandungan Vitamin B Tinggi

Cara Mengatasi bintik merah pada  lidah yang pertama adalah menambah asupan vitamin B. Anda bisa mendapatkannya dengan memperbanyak makan makanan pengandung vitamin B tinggi seperti kacang kacangan, daging merah dan sayuran.

Para ahli gizi sudah menyatakan kalau fungsi dari makanan makanan ini adalah meningkatkan sistem imun lidah sehingga mampu menjaga lidah dari serangan virus dan bakteri. Apalagi jika dikombinasikan dengan buah penyembuh sariawan, pasti lebih tokcer.

  1. Minum Air Putih yang Banyak

Tubuh tidak boleh kekurangan cairan atau dehidrasi. Karena efeknya bisa membuat kelembaban organ tubuh menjadi terganggu dan metabolisme menjadi tidak lancar. Organ tubuh yang ikut terganggu akibat dehidrasi adalah  lidah.

Jika lidah mengalami pengeringan yang frontal, lapisan mineral diatasnya  akan terkikis sehingga muncullah bintik bintik merah yang kasar. Bintik bintik merah ini akan hilang jika kelembaban lidah anda kembali ideal.

Nah cara mengobati lidah yang terkena air panas maupun lidah bintik merah yang harus anda lakukan adalah minum air putih yang banyak.

  1. Menggosok Gigi Dua Kali Sehari

Bintik merah pada lidah juga disebabkan oleh serangan bakteri. Maka dari itu, jangan biarkan sela sela gigi anda ditempati oleh bakteri karena nantinya dia akan melakukan serangan terhadap seluruh oral termasuk lidah.

Menggosok gigi minimal dua kali sehari adalah cara membersihkan gusi yang tepat sekaligus untuk mensterilkan sela sela gigi anda dari bakteri. Sehingga tidak hanya gigi menjadi putih sehat, bintik merah pada lidah juga hilang.

  1. Konsultasi Rutin pada Dokter Gigi

Jika bintik merah yang anda alami disebabkan oleh alergi, anda tidak perlu merisaukannya. Sebab, kalau  faktor penyebab alergi tersebut sudah anda hindari, otomatis bintik merah di lidah anda akan ikut hilang. Akan tetapi, jika bintik merah pada lidah terjadi akibat munculnya penyakit tertentu, tentu anda harus waspada.

Bahkan, menurut medis, bintik merah pada lidah termasuk gejala kanker mulut berbahaya. Maka dari itu, konsultasi pada dokter gigi secara rutin adalah langkah tepat yang harus dilakukan. 

Sponsors Link

  1. Hentikan Kebiasaan Merokok

Jika anda perokok berat, hentikan sekarang juga. Jangan sampai lidah anda berbintik merah. Karena jika ini sampai terjadi, berarti asap rokok telah menginfeksi lidah anda. Parahnya, bintik merah pada lidah para perokok merupakan gejala atau ciri ciri radang lidah yang menyakitkan.

  1. Berkumur dengan air Garam

Cara menghilangkan bintik merah pada lidah dan cara menghilangkan bintik di bibir selanjutnya adalah berkumur menggunakan air garam. Garam dapur bukan saja bumbu dapur penyedap rasa. Tetapi bumbu ini juga memiliki manfaat lain yaitu untuk menghilangkan bintik merah di lidah.

Jika anda menggunakan cara tradisional menghilangkan bau mulut yaitu berkumur menggunakan larutan garam, bakteri penyebab infeksi di lidah akan mati. Selain itu, berkumur menggunakan garam juga bisa menetralisir alergi pada lidah.

  1. Hindari makanan Panas dan Pedas

Lidah berbintik merah adalah gejala lidah sedang mengalami kekeringan. Apabila dibiarkan, lidah akan semakin peka dan rongga mulut bengkak, sehingga makanan yang salah seperti terlalu panas dan pedas akan membuat lidah terasa nyeri yang berat. Sekalipun itu termasuk makanan pencegah bau mulut paling oke dan nikmat.

Sponsors Link

  1. Pakai Cream Analgesik

Lidah berbintik merah yang parah, biasanya disertai dengan rasa nyeri dan panas. Namun, anda tidak usah khawatir. Anda bisa mengoleskan cream analgesik atau obat tradisional mulut kering yang lainnya untuk meredakan nyeri lidah tersebut. Anda bisa membeli  obat ini di apotik dan pastikan dosisnya sudah sesuai.

  1. Berkumur Menggunakan Antiseptik

Cara menghilangkan bintik merah di lidah tidak sulit. Anda bisa menggunakan antiseptik yang dosisnya tepat. Cara penggunaannya adalah jadikan antiseptik sebagai sarana berkumur kumur setelah anda menggosok gigi.

  1. Jauhi Minuman Keras

Minuman keras jenis apapun sangat dilarang untuk diminum. Sebab, minuman beralkohol ini bisa mengganggu kesehatan. Salah satunya bisa menimbulkan bintik merah di lidah anda. Pengin lidah sehat? jauhi miras.

Itulah 10 cara menghilangkan bintik merah pada lidah yang paling mudah dan simple. Anda bisa mempraktekkannya di rumah dan menggunakannya secara rutin sampai lidah anda kembali normal.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Saturday 07th, July 2018 / 02:39 Oleh :