Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Bibir Melepuh Tanpa Perih dan Berbekas

Sponsors Link

Bibir melepuh adalah penyakit oral yang sangat menyakitkan. Maka dari itu, cara menghilangkan bibir melepuh wajib anda ketahui. Sehingga ketika gejala bibir melepuh muncul, Anda mudah untuk mengobatinya.

ads

Gejala bibir melepuh sangat banyak. Diantaranya adalah bisul di bibir yang disertai dengan demam tinggi. Selain itu, tanda-tanda bibir melepuh yang juga sering terjadi adalah bertambahnya air liur. Nah, jika anda mengalami gejala diatas, Segera lakukan tindakan pengobatan sebelum kanker mulut menyerang.

Bibir melepuh terlihat tidak terlalu berbahaya. Namun tahukah anda, penyakit ini juga bisa menimbulkan kanker mulut. Bahkan jika infeksi sudah menyebar, darah bisa rusak dan komplikasi siap menyerang.

Atas dasar itulah, pada artikel berikut, akan kami jelaskan tentang cara menghilangkan bibir melepuh dengan cara makan makanan pencegah sariawan. Dijamin dengan cara ini, masalah bibir melepuh bisa teratasi dengan cepat.

  1. Tidak Boleh Menyentuh Luka

Bibir melepuh sebagian besar disebabkan oleh bakteri dari makanan penyebab kanker mulut. Menyentuhnya dengan tangan, justru berbahaya bagi lepuhan tersebut. Karena tangan juga tempat berkumpulnya bakteri. Sehingga, Menyentuh bibir melepuh dengan tangan, Sama juga anda memasukkan bakteri baru ke bibir yang sedang terluka.

Apabila bakteri tangan masuk ke bibir, Tentu bibir melepuh sulit disembuhkan. Bahkan, penyakit bisa bertambah parah. Karena infeksi bakteri semakin kuat. Maka dari itu, jangan menyentuh bibir melepuh anda, apapun alasannya.

  1. Cream Topikal

Cream topical adalah obat luar. Cara menggunakannya dengan dioleskan pada tubuh yang sakit. Obat ini, bisa dijadikan solusi bibir melepuh. Namun anda harus hati hati. Karena bahan obat biasanya dibuat dari zat kimiawi.

Pada umumnya, obat topical mengandung zat yang berfungsi sebagai cara menghilangkan benjolan yang berupa antinyeri dan anti radang. Bahkan ada sebagian obat, yang juga mengandung paracetamol sebagai penghilang demam. Apapun kandungannya, obat topical masih layak menjadi prioritas untuk bibir melepuh, dibandingkan obat telan dan suntik.

  1. Rajin Mencuci Tangan

Terkadang, kita tidak bisa menghindari sentuhan tangan ke bibir yang melepuh. Apalagi sehabis kita menggunakan obat topical. Maka dari itu, mencuci tangan dengan rutin adalah solusi menjaga bibir tetap bersih. Sehingga, proses penyembuhan lepuhan bibir semakin cepat.

Selain untuk mencegah penyakit bertambah parah, mencuci tangan secara rutin juga mencegah penularan penyakit leukoplakia. Karena kita tidak pernah tahu, dengan siapa kita bersentuhan. Tentu menjadi masalah, apabila kita bersentuhan dengan orang yang memiliki penyakit yang sama. Akhirnya bibir melepuh akibat bahaya merokok bagi kesehatan mulut semakin menjadi jadi.

Sponsors Link

  1. Pakai Lip Balm

Cara menghilangkan bibir melepuh yang ke empat adalah pakai lip balm. Lip Balm adalah pelapis bibir. Fungsinya adalah untuk meningkatkan kelembaban bibir. Sehingga, bibir tidak mudah kering. Apalagi ketika anda beraktifitas di siang hari.

Lip balm bisa anda gunakan sebagai pelindung bibir dari sinar matahari. Apalagi jika bibir anda sedang melepuh. Ketika bibir melepuh, lalu terkena paparan ultraviolet secara langsung, proses pengeringan semakin cepat. Sehingga bakteri penyebab gejala kanker mulut semakin lama melakukan infeksi didalamnya.

  1. Minum Obat Anti Nyeri

Cara menghilangkan bibir melepuh yang kelima, adalah minum obat anti nyeri. Obat ini bermacam macam. Dan bisa anda dapatkan di apotik terdekat. Salah satu obat anti nyeri yang bisa dicoba adalah paracetamol dan ibuprofen. Dua obat inilah yang katanya mampu mengatasi berbagai luka melepuh akibat merokok.

Walaupun begitu, anda tidak boleh asal pakai obat anti nyeri. Perhatikan juga dosis obat dan aturan pakai. Supaya anda tidak mengalami efek samping obat. Seperti, asma, demam tinggi dan mulut sepat.

  1. Minum Air Putih

Air putih tidak hanya mencegah dehidrasi, tetapi juga mampu meningkatkan kelembaban organ tubuh. Termasuk organ tubuh bibir. Jika bibir lembab, berarti antioksidannya bekerja dengan baik. Sehingga, bibir lebih kuat dari serangan bakteri.

Sponsors Link

Jika bibir terus lembab, tentu herpes akan mati dengan sendirinya. Sehingga progres obat bisa berjalan maksimal. Itu artinya, dengan anda banyak minum, bibir melepuh akan segera hilang. Berganti bentuk bibir yang lebih indah dan sensual.

  1. Hindari Makanan Asam dan Asin

Jika anda ingin menghilangkan bibir melepuh, hentikan kebiasaan makan makanan asam dan asin. Karena makanan jenis ini, akan membuat bibir anda kering. Sehingga bakteri akan bertahan di dalamnya untuk waktu yang lama.

Saran kami, ganti makanan asam dan asin dengan makanan penyembuh sariawan yang sedikit manis. Karena makanan inilah yang bisa menjadi penawar rasa. Walaupun begitu, makanan manis saja juga tidak baik jika berlebihan. Karena bisa meningkatkan kadar gula darah.

  1. Jangan Membasahi Bibir dengan Ludah.

Ludah adalah alat bantu mengunyah makanan. Didalamnya berisi ribuan bakteri baik dan jahat. Jika ludah menyentuh bibir melepuh, dikhawatirkan bakteri jahatnya akan masuk ke bibir. Menetap disana untuk melakukan infeksi periodontitis.

Itu artinya, kebiasaan menyentuh bibir dengan ludah, membuat penyakit tidak mudah hilang. Malah gejalanya bertambah parah. Dan rasa nyerinya bertambah luar biasa.

Itulah 8 cara menghilangkan bibir melepuh sekaligus cara mengobati dinding mulut bengkak. Menurut kami, cara inilah yang terbaik dan aman. Maka dari itu, silahkan dicoba. Kami jamin anda tidak akan kecewa.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Saturday 26th, January 2019 / 02:46 Oleh :
Kategori : Pengobatan