Sponsors Link

11 Cara Menghilangkan Bau Mulut Selama Puasa yang Paling Efektif

Sponsors Link

Bau mulut saat berpuasa bukan alasan anda untuk berdiam diri, mengurung diri apalagi membuang diri dari lingkungan masyarakat. Karena ibadah puasa tidak semata ritual antara umat dengan tuhannya saja tetapi lebih jauh dari itu, ibadah puasa juga identik dengan ibadah sosial antara umat muslim yang satu dengan umat muslim lainnya yaitu berbicara yang baik, sopan dan santun.

ads

Mungkin anda bertanya,bagaimana bisa berbicara jika mulut berbau busuk akibat puasa? Jika ini pertanyaan anda, maka berikut ini kami list cara menghilangkan bau mulut selama puasa yang pastinya tidak bikin anda menyesal.

  1. Berbuka dengan Jus Jeruk

Berbukalah dengan yang manis manis! Secara medis, rangkaian kalimat pendek ini sangat benar dan tepat. Karena apapun yang manis, ternyata bisa mengembalikan kebugaran tubuh asalkan dikonsumsi secara normal. Bahkan, jika anda berbuka dengan satu gelas jus jeruk manis, dipadukan dengan cara menghilangkan bintik di bibir, bukan hanya kebugaran tubuh yang kembali, bau mulut juga hilang berganti aroma wangi dan harum.

  1. Minum Teh Hijau Tawar

Jika anda ingin bebas dari bau mulut saat berpuasa, cobalah cara tradisional menghilangkan bau mulut yaitu meminum satu gelas teh hijau tanpa gula setelah sahur. Menurut penelitian medis, senyawa polifenol yang dikandung teh hijau mampu bertahan selama 8 jam di dalam mulut. Itu artinya senyawa antibakteri ini akan menjaga mulut anda dari serangan bakteri bukan satu jam saja tetapi seharian penuh.

  1. Menggosok Gigi dengan Pasta Gigi Beraroma

Jangan anda kurangi implementasi cara menghilangkan bau mulut busuk yang ampuh seperti kebiasaan menggosok gigi 2 x sehari jika anda tidak ingin memiliki bau mulut yang busuk. Bahkan, ketika puasa, aktivitas ini harus anda lakukan lebih intens dibandingkan waktu normal. Minimal menggosok gigi 3 x sehari yaitu setelah berbuka, menjelang tidur dan sehabis bersahur.

Saran kami, ganti pasta gigi yang biasa anda pakai dengan pasta gigi beraroma. Baik yang beraroma buah ataupun bunga. Karena pasta gigi semacam ini memiliki kemampuan mengatasi bau mulut saat puasa lebih kuat dibandingkan pasta gigi jenis lain.

  1. Berkumur kumur

Jangan tinggalkan kebiasaan berkumur kumur sekalipun sedang puasa. Minimal berkumurlah secara serius saat berwuduk. Karena dengan berkumur kumur, kuman di sela sela gigi bisa mati. Dengan berkumur kumur pula, tekstur mulut lebih lembab serta liur menjadi encer. Efeknya bau mulut menjadi lebih segar dan wangi.

  1. Melakukan Senam Oral

Cara menghilangkan bau mulut selama puasa selanjutnya adalah melakukan senam oral dengan cara menggerakkan mulut secara intensif. Memang, ketika sedang berpuasa, anda pasti malas untuk membuka mulut. Padahal ini bisa menyebabkan kondisi mulut menjadi pengap dan kering.

Maka dari itu, jika ingin bebas bau mulut, Coba perbanyak perbincangan dengan orang lain atau mengaji dengan suara keras dan tartil minimal 2 juz setiap hari. Cara ini terbukti hebat untuk membuat mulut lebih segar saat berpuasa.

Sponsors Link

  1. Mengkonsumsi Makanan Berserat

Bau mulut saat berpuasa tidak semata disebabkan oleh kuman yang sedang menginfeksi air liur dan mulut saja. Pasalnya, ada bau mulut yang juga disebabkan oleh kadar asam di daerah usus yang naik secara spartan ke area lidah bagian belakang.

Maka dari itu, berbukalah dengan minuman penghilang bau mulut, lanjutkan dengan menjaga pola makan dengan rajin mengkonsumsi makanan berserat sehingga produksi asam usus tetap stabil dan usus lebih sehat serta bau mulut anda bertambah wangi.

  1. Hindari Makan Bawang Putih

Bawang putih adalah makanan obat. Pasalnya, makanan sekaligus bumbu penajam rasa ini memiliki antioksidan alami yang manjur untuk menyembuhkan berbagai macam gangguan kesehatan. Namun, jika anda mengkonsumsi makanan penyebab lidah sakit bawang putih saat sedang berpuasa, bau mulut anda sangat luar biasa bahkan bisa membuat rongga mulut bengkak berbahaya. Pasalnya, aroma panas dan tajam bawang putih akan mengeringkan mulut sehingga bau busuknya melekat lebih lama.

  1. Kurangi Kebiasaan Tidur saat berpuasa

Tidur saat berpuasa adalah bagian dari ibadah. Itu artinya anda mendapat pahala dari tidur yang anda lakukan. Namun, mengisi puasa hanya dengan tidur tentu bukan cara yang bijak karena anda bisa tertinggal faedah ibadah berpuasa yang lainnya dengan pahala yang lebih besar.

Selain itu, sering tidur saat berpuasa bisa membuat mulut anda kering. Akibatnya kadar asam yang naik dari lambung tertahan di daerah kerongkongan. Efek dari anomali metabolisme ini adalah nafas menjadi panas dan aromanya tidak sedap. 

Sponsors Link

  1. Hindari Makanan Laut saat Sahur

Berbuka dengan makanan laut adalah sah sah saja. Bahkan cukup baik untuk menjaga protein tubuh tetap ideal. Namun, jangan coba coba anda mengkonsumsi nya di kala sahur. Sebab, makanan laut bisa membuat mulut anda berbau amis. Ironinya, bau amis ini tahan lama sekalipun anda melakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Jadi saran kami bersahurlah dengan makanan pencegah bau mulut yang lebih sehat dan steril.

  1. Makan Kurma

Tips berbuka puasa agar bau mulut segera hilang adalah makan buah kurma. Buah kurma  adalah buah penyembuh sariawan yang bagus untuk menambah antioksidan tubuh. Efeknya, tubuh lebih kebal dari penyakit serta tubuh tidak mudah lelah.

Selain itu, makan kurma saat berbuka bisa menghilangkan bau mulut karena kurma memiliki aroma alami yang apabila aroma ini bertemu dengan liur akan menjelma aroma mulut  yang wangi.

  1. Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Cara menghilangkan bau mulut selama puasa dan cara mengobati mulut terasa pahit yang terakhir adalah merawat kesehatan gigi dan mulut. Jika mulut dan gigi sudah sehat, bakteri anaerobi penyebab bau mulut tidak akan berani datang.

Maka dari itu, jika ingin bebas bau mulut saat berpuasa, jaga kesehatan mulut dan gigi dengan menerapkan cara mengatasi mulut asam, rajin menggosok gigi, berkumur dan makan makanan sehat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 31st, May 2018 / 21:39 Oleh :
Kategori : Bau Mulut