Sponsors Link

14 Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Karang Gigi Paling Ampuh

Sponsors Link

Mulut kita adalah sarang bakteri, mulut yang sangat dijaga kebersihannya pun terkadang kuman dan bakteri tetap saja bersarang pada mulut kita. Apalagi jika kita malas menjaga kebersihan mulut, pastinya sangat banyak kuman dan bakteri yang bersarang. Kuman dan juga bakteri pada mulut dapat menyebabkan karang gigi. Jika karang gigi dibiarkan dan tidak segera diatasi, maka akan dapat mengakibatkan bau mulut, gigi berlubang, karies gigi, radang pada gusi dan penyakit serius lainnya.

ads

Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Karang Gigi

Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Karang GigiBanyak hal yang dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri di dalam mulut menjadi tidak terkendali, diantaranya adalah perubahan suhu pada mulut, bentuk kehidupan yang berkelanjutan tanpa adanya oksigen atau yang biasa kita sebut dengan Potensial Redox, tingkat keasaman basa atau PH, nutrisi, genetika, zat antimikroba dan lainnya. Hampir setiap orang pernah mengalami bau mulut, bau mulut memang disebabkan oleh kuman dan bakteri, tapi ternyata bau mulut juga disebabkan karena karang gigi. Berikut ini ada cara-cara yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan bau mulut akibat karang gigi yaitu :

1. Menggunakan Baking Soda

Siapa sangka ternyata baking soda yang biasa kita temui untuk memasak dapat mengurangi karang gigi dan jika karang gigi berkurang maka bau mulut pun akan berkurang juga. Caranya adalah dengan mencampurkan baking soda dengan sedikit garam lalu olesi pada sikat gigi yang sudah kita basahi sebelumnya, sikat dengan lembut pada gigi, diamkan beberapa saat lalu bilas.

2. Dengan Arang Aktif

Dengan Arang AktifPada zaman dulu sebelum pasta gigi modern diproduksi, masyarakat kuno lebih sering menyikat giginya dengan menggunakan arang aktif yang dipercaya dapat mengurangi plak atau karang gigi dan juga membersihkan gigi.

Caranya adalah dengan mencampurkan arang aktif yang berbentuk bubuk dengan minyak kelapa mentah, anda juga dapat menambahkan rasa peppermint agar lebih segar ketika kita sudah megaplikasikannya pada mulut. Setelah arang aktif dicampur dengan perasa peppermint, lalu dioleskan pada sikat gigi untuk menyikat gigi kita.

3. Menggunakan Mouhtwash

Saat ini dipasaran sudah banyak yang menjual moutwash atau obat kumur dengan varian yang begitu beragam, kandungan yang ada pada moutwash dapat mencegah dan mengurangi bau mulut dan juga plak. Jika anda ingin yang praktis maka anda dapat menggunakaan moutwash yang dijual dipasaran untuk mengurangi bau mulut dan juga karang gigi.

Sponsors Link

4. Menyikat Gigi Secara Rutin Dengan Benar

Menyikat Gigi Secara RutinCara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Karang Gigi selanjutnya  adalah dengan menyikat gigi secara rutin 3 kali dalam sehari. Walaupun cara ini sangat mudah dan tentunya sering kita lakukan, tetapi masih banyak orang yang menyepelekan menyikat gigi 3 kali sehari.

Jika kita secara rutin menyikat gigi maka akan dapat mencegah karang gigi dan juga bau mulut, karang gigi disebabkan karena sisa-sisa makanan dan minuman yang menempel pada gigi dan dalam waktu tertentu akan membuat karang gigi. Orang-orang banyak juga yang asal dalam menyikat gigi dan belum mengetahui caranya menyikat gigi dengan benar, bagi yang belum mengetahui berikut cara menyikat gigi dengan benar yaitu :

  • Meletakkan bulu sikat pada gigi dengan sudut 45 derajat
  • Mulailah menyikat gigi pada gigi geraham atas belakang dengan cara melingkar dari atas ke bawah, jangan menyikat terlalu keras karena hanya akan melukai gusi dan merusak gigi
  • Pastikan semua permukaan gigi sudah tersikat dengan baik
  • Sikatlah gigi dengan waktu 2-3 menit
  • Setelah gigi sudah tersikat semua, lalu kumurlah dengan bersih

Itulah beberapa cara untuk mnyikat gigi secara baik dan benar. Sebaiknya sikatlah gigi setelah selesai makan dan sebelum tidur, selain mencegah bau mulut dan mencegah karang gigi, menyikat gigi juga dapat mencegah gigi berlubang.

ads

5. Scaling Gigi

Scaling GigiJika anda mempunyai budget lebih, maka tidak ada salahnya untuk pergi ke dokter gigi dan melakukan scaling gigi. Scaling gigi dianggap sebagai cara instan untuk mengurangi karang gigi, scaling ini merupakan suatu teknik yang dapat melepaskan karang gigi.

Tidak hanya karang gigi yang mudah di jangkau, karang pada sela-sela gigi dan karang yang melekat pada akar gigi juga dapat dilepaskan. Sebaiknya untuk scaling gigi ini dilakukan secara berkala selama 6 bulan sekali agar kesehatan gigi dapat terjaga.

6. Menggunakan Kulit Jeruk

Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Karang Gigi selanjutnya adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Siapa yang tidak kenal dengan jeruk, banyak orang yang menyukainya karena rasanya yang menyegarkan, selain buahnya yang kaya manfaat dan vitamin bagi tubuh, ternyata kulit jeruk dapat kita manfaatkan sebagai salah satu cara alami untuk mencegah dan mengurangi karang gigi dan juga bau mulut. Caranya sangat mudah yaitu dengan memisahkan kulit jeruk dari buah jeruk, lalu langsung gosokkan kulit jeruk pada gigi.

7. Buah Apel

Banyak orang yang menyukai buah yang satu ini, rasanya yang manis dan juga banyak ragam jenisnya.  Siapa sangka ternyata apel mempunyai kandungan yang sangat bagus untuk mencegah dan mengurangi karang gigi dan juga bau mulut. Caranya adalah menggigit buah apel bersamaan dengan kulit buahnya hingga habis. Selain untuk mencegah dan mengurangi karang gigi dan bau mulut, apel juga bermanfaat untuk memutihkan warna gigi.

8. Lidah Buaya

Lidah buaya banyak dimanfaatkan sebagai salah stu bahan pembuat mouth wash atau obat kumur, karena lidah buaya dapat mengurangi plak pada gigi. Caranya adalah potong daging lidah buaya lalu gosokkan pada gigi, dan bilas hingga bersih.

9. Flossing

FlossingCara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Karang Gigi selanjutnya adalah dengan melakukan flossing. Flossing atau yang biasa disebut dengan membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang, flossing biasanya dilakukan setelah menggosok gigi. Meskipun caranya sangat mudah, namun ternyata masih banyak orang yang jarang melakukannya. Sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi akan menempel dan membuat karang pada gigi, maka dari itu flossing perlu dilakukan agar mencegah dan mengurangi karang pada gigi kita, juga dapat membersihkan gigi secara menyeluruh.

10. Kulit Kacang Merah

Kulit kacang merah memang sering dibuang, namun jika anda sedang mempunyai kacang merah jangan dulu dibuang kulitnya karena kulit kacang merah mempunyai manfaat untuk mengurangi karang pada gigi, caranya yaitu dengan mencampurkan 20gr kulit kacang merah dengan setengah cangkir air putih, rebus selama 20 menit, lalu dinginkan pada suhu ruangan, saring untuk memisahkan air rebusan dan kulit kacang merah, setelah terpisah rendamlah sikat gigi pada air rebusan yang sudah didinginkan tadi, gosoklah pada gigi sebanyak 3 kali sehari, lakukan selama satu hingga dua minggu dan lihatlah perlahan namun pasti karang gigi akan memudar bahkan menghilang, cara ini memang cukup ampuh untuk mengurangi karang gigi.

11. Perbanyak Konsumsi Sayuran Renyah

Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Karang Gigi selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi sayuran hijau. Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran yang banyak mengandung mineral dan bertekstur renyah seperti mentimun, kubis, seledri dan sayuran dan buah lainnya karena akan memproduksi air liur bertambah sehingga dapat menyingkirkan bakteri dan kuman pada mulut.

Sponsors Link

12. Dengan Menggunakan Cengkeh

Salah satu bahan pembuat rokok ini ternyata dapat digunakan sebagai bahan alami perontok karang gigi caranya yaitu dengan menumbuk halus beberapa cengkeh, tambahkan bubuk garam atau bisa juga dengan garam yang sudah dihaluskan sebelumnya, campur dengan air secukupnya hingga menjadi pasta, lalu oleskan pada sikat gigi dan sikatlah gigi secara perlahan.

13. Dengan Menggunakan Biji Asam

Biji asam yang digunakan adalah biji asam kawak yang dipercaya dapat melepaskan karang pada gigi, ramuan ini telah dipercaya selama turun temurun. Untuk meramu nya kita dapat menyiapkan biji asam kawak yang sudah dicuci bersih, tumbuk hingga halus dan campurkan air hingga menjadi pasta, setelah menjadi pasta kita langsung dapat mengoleskannya pada gigi yang memiliki karang. Lakukanlah secara rutin setiap hari agar hasil lebih maksimal.

14. Campuran Strawberry Dan Tomat

Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Karang Gigi yang terakhir adalah dengan menggunakan campuran strawberry dengan tomat. Vitamin C sangat baik untuk kesehatan rongga mulut, strawberry dan tomat mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Untuk mengurangi karang gigi kita dapat langsung mengoleskan strawberry dan tomat pada gigi atau dapat mencampurkan strawberry dan tomat lalu hancurkan setelah itu oleskan pada karang gigi sebelum tidur

Karang gigi dan bau mulut memang bukan suatu penyakit yang berbahaya namun dapat mengakibatkan seorang terganggu penampilannya. Jika anda menginginkan hasil instan maka anda dapat mecoba scalling, namun jika anda mengiinginkan cara yang alami dapat mencoba cara diatas, yang tentunya harus rutin dan disiplin untuk melakukannya agar hasil yang didapat juga maksimal. Semoga cara diatas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, selamat mencoba ya.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 16th, August 2017 / 07:53 Oleh :
Kategori : Bau Mulut