Sponsors Link

7 Cara Mengatasi Sariawan Pada Gusi Secara Alami dan 100% Aman

Sponsors Link

Sariawan akan menyakitkan walaupun ukurannya kecil serta dapat terjadi di dalam mulut, pipi, bibir, lidah, gusi dan tenggorokan. Penyakit ini tidak memangan usia bisa terjadi pada bayi, anak-anak hingga orang dewasa. Secara umum gejala sariawan yaitu sensasi terbakar ataupun kesemutan pada bagian sariawan, demam dan lesu akan tetapi gejala sariawan pada anak berupa bibir pecah – pecah dan kering.

ads

Penyebabnya antara lain pola makan yang buruk, stres berlebihan, alergi makanan, kekurangan vitamin, perubahan hormon, sistem kekebalan tubuh serta penyebab bintik merah di sekitar mulut anak. Sariawan tentu tidak menular dan biasanya akan hilang dalam waktu dua minggu tanpa melakukan pengobatan akan tetapi akan membuat penderitanya merasa kurang nyaman dalam berbicara atau menguyah makanan.

Cara menghilangkan rasa sakit dengan cepat dengan menempelkan es batu pada sariawan secara langsung selama beberapa saat. Diman es batu bukan untuk mengobati tetapi hanya dapat membuat penderita lebih nyaman. Setiap jenis sariawan pasti memiliki cara mengatasi atau mengobatinya masing – masing. Artikel ini merupakan jawaban bagi Anda yang sedang mencari bagaimana cara mengatasi sariawan pada gusi.

Indonesia adalah negara agraris yang kaya akan hasil bumi termasuk aneka tanaman. Setiap tanaman pasti memiliki manfaat berbeda – beda untuk kehidupan manusia bahkan dapat dijadikan obat penyembuh berbagai penyakit yang dialami manusia. Berikut ini cara mengatasi sariawan pada gusi dengan produk herbal.

Cara Mengatasi Sariawan pada Gusi

Berikut ini cara mengatasi sariawan pada gusi dengan bahan bahan alami yang baik dan aman untuk kesehatan:

1. Mengkonsumsi Alpukat

Alpukat dipercaya dapat menyembuhkan sariawan pada gusi. Cara dengan menyiapkan alpukat yang sudah masak beri 2 sendok makan madu murni kemudian diaduk hingga merata. Konsumsi secara rutin hingga sariawan pada gusi sembuh.

2. Mengoleskan Campuran Blimbing Wuluh

Selain alpukat, blimbing wuluh juga sangat ampuh dalam mengatasi sariawan pada gusi. Proses penyembuhannya dengan cara sediakan 3 buah blimbing wuluh, 3 buah bawang merah,  1 buah pala yang masih muda, 10 lembar daun sariawan, 3/ 4 sendok teh daun adas, serta 3/4 jari pulosari.

Kesemua bahan tersebut ditumbuk sampai halus, diremas dengan 3 sendok makan minyak kelapa serta diperas terus disaring. Hasil saringan tersebut dioleskan ke gusi yang terkena sariawan.

3. Berkumur dengan Air Buah Delima

Prosesnya dengan cara siapkan 2 buah delima matang terus tumbuk hingga halus dan tambahkan satu gelas air putih disertai dengan aduk secara merata dan diakhiri dengan menyaringnnya. Hasil saringan ini yang dijadikan obat sariawan pada gusi dengan cara berkumur. Ulangi aktifitas tersebut 2- 3 kali sehari. 

Sponsors Link

4. Minum Air Kembang Sepatu

Obat herbal satu ini juga terbukti ampuh dalam menyembuhkan sariawan pada gusi. Caranya dengan siapkan 30 gr daun sepatu. Selanjutnya cuci sampai bersih daun sepatu tersebut dan seduh dengan air panas 100 ml selama kurang lebih 15 menit.

Ketika sudah 15 menit, dinginkan dan saring airnya. Air saringan tersebut dapat digunakan untuk berkumur atau langsung diminum. Ulangi kegiatan tersebut lebih kurang 4-6 kali sehari.

5. Mengkonsumsi Madu Saga

Madu saga merupakan campuran antara madu murni dengan daun saga. Madu murni sangat baik untuk kesehatan dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta daun saga sangat dipercaya dapat menyembuhkan sariawan dan panas dalam. Oleh sebab itu, campuran keduanya dapat mempermudah mengatasi masalah sariawan pada gusi.

Sponsors Link

6. Berkumur dengan Air Kulit Manggis

Cara selanjutnya dalam mengobati sariawan pada gusi adalah dengan bantuan kulit manggis. Caranya dengan siapkan kulit 2 buah mangis selanjutnya dicuci, dipotong – potong, direbus 3 gelas air hingga kondisi airnya sampai setengahnya. Setelah dilakukan hal tersebut, maka disaring dan digunakan untuk berkumur atau diminum langsung. Ulangi berkumur dengan air kulit manggis 3- 6 kali sehari.

7. Berkumur dengan Air Bandotan

Cara penyembuhan yang terakhir adalah dengan berkumur air bandotan. Proses dilakukan dengan rebus 10 -15 gram bandotan dalam  2 gelas hingga tinggal 1 gelas. Setelah dingin segera minum air rebusan bandotan dan ulangi 2- 3 kali sehari.

Nah, itulah beberapa ciri – ciri radang lidah yang dapat Anda dan keluarga Anda waspadai dari sekarang. Ada baiknya Anda menerapkan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut seperti menggosok gigi serta hindari pantangan sariawan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan manfaat menjaga kesehatan gigi dan mulut seperti terhindar dari berbagai penyakit akibat tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut serta memiliki mulut yang segar.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Thursday 24th, May 2018 / 03:14 Oleh :
Kategori : Sariawan