Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Sariawan Di Bibir yang Manjur

Sponsors Link

Penyakit sariawan merupakan luka bergaris berwarna kemerahan dengan bintik putih di tengahnya. Biasanya penyakit ini menyerang daerah mukosa atau jaringan lunak mulut seperti bibir, langit-langit mulut dan lidah. Efek penyakit ini adalah rasa nyeri akut bahkan perih manakala pasien berbicara. Atas dasar itulah, sariawan harus diatasi segera dengan cara mengatasi sariawan di bibir dan cara agar bibir tidak hitam.

ads

Sariawan merupakan penyakit tidak menular yang sangat populer. Tidak ada satu orang pun yang tidak pernah mengalami penyakit ini. Dari penelitian, sebagian besar penderitanya adalah kaum perempuan.

Sariawan terjadi disebabkan oleh faktor tertentu termasuk akibat makanan penyebab kanker mulut. Yang paling sering disebabkan oleh gangguan hormonal dan akibat stamina tubuh yang sedang down. Selain itu, ada kasus sariawan yang juga disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri.

Cara mengobati Sariawan di Bibir

Sejatinya, sariawan akan sembuh sendiri jika sudah menyerang selama dua minggu. Namun, mengingat efeknya yang menyakitkan, lebih baik diobati saja dengan cara memerahkan bibir hitam agar kesembuhannya bisa lebih cepat. Apalagi obatnya tidak mahal bahkan ada yang menggunakan bahan-bahan alami saja.

Nah, berikut ini kami akan menjelaskan tentang cara mengatasi sariawan di bibir. Tips membuat sariawan lebih cepat sembuh sehingga anda masih bisa mengkonsumsi makanan dengan nyaman dan berselera.

  1. Kompres Es Batu

Jika sariawan sudah menghadirkan rasa perih, berarti di permukaannya sudah dipenuhi dengan radang. Efeknya, bibir menjadi bengkak. Untuk mengatasi penyebab sariawan di bawah lidah semacam ini cukup mudah. anda tinggal mengambil es batu kecil lalu dioleskan pada bibir yang terkena sariawan.

Cara yang kedua adalah mengulumnya beberapa saat. Jika sudah mencair, berkumurlah dengan air hangat supaya rasa sejuknya di mulut lebih tahan lama.

  1. Kumur Ramuan Biji Jeruk Bali

Ada dua fungsi nutrien yang dimiliki biji jeruk Bali, yaitu antibiotik untuk bahaya mengunyah daun sirih dan antioksidan. Kedua peran nutrisi ini adalah membantu melindungi kulit dari berbagai peradangan. Selain itu, salah satunya juga berfungsi untuk menghancurkan virus dan mencegah bau mulut akibat sariawan.

Karena alasan di atas biji jeruk Bali sangat ampuh untuk mengatasi sariawan di bibir. Caranya adalah hancurkan biji jeruk Bali, lalu teteskan lendirnya pada secangkir air hangat. Setelah itu gunakan untuk berkumur-kumur. Untuk hasil maksimal, lakukan cara tersebut minimal 3 kali 1 hari.

  1. Tempelkan Kantong Teh

Cara mengatasi sariawan di bibir selanjutnya adalah menggunakan kantong teh dan makanan penyembuh sariawan. Kantong teh mengandung tanin yang berfungsi sebagai antivirus. Salah satu virus musuh senyawa ini adalah virus penyebab sariawan. Selain itu, sifat teh mengandung basa yang bisa melakukan netralisasi kadar asam di dalam mulut. Atas dasar itulah, kantong teh bisa digunakan untuk mengatasi sariawan.

Teknik pengobatan sariawan dan pengobatan sindrom sjogren  dengan kantong teh sangat mudah. Pasien tinggal menempelkan kantong teh bekas pada luka sariawan. Jika dilakukan secara rutin, rasa perihnya akan berkurang.

Sponsors Link

  1. Kumur Air Garam

Garam mengandung sifat anti radang dan anti bakteri. Selain itu, penyedap rasa makanan ini juga memformat mulut menjadi tempat paling tidak nyaman bagi perkembangbiakan jamur. Dengan ketiga fungsi inilah, garam bisa digunakan untuk mengatasi penyakit sariawan.

Cara mengobati sariawan dengan menggunakan garam adalah campurkan air garam dengan air hangat lalu gunakan berkumur-kumur. Jika sudah selesai akhiri dengan berkumur air putih. Lakukan teknik ini hingga radang sariawan berkurang.

  1. Oleskan Lidah Buaya

Cara mengatasi sariawan dan macam-macam penyakit gigi selanjutnya adalah menggunakan lidah buaya. Tanaman ini dikenal sebagai herbal yang bagus untuk pengobatan. Pasalnya, di dalam getahnya terdapat senyawa yang bekerja sebagai antibakteri. Maka dari itu, lidah buaya bisa dijadikan obat untuk sariawan.

Sponsors Link

Cara menggunakannya adalah potong lidah buaya, lalu getahnya dioleskan pada bibir yang sarawan. Diamkan selama 20 menit setelah itu bersihkan dengan air hangat.

  1. Menjaga Kebersihan Mulut

Sariawan akan cepat sembuh jika mulut sehat dan bersih karena makan makanan pencegah sariawan. Karena kondisi mulut yang semacam ini, membuat perkembangbiakan virus menjadi terhambat dan mati. Atas dasar itulah, jika sariawan menyerang, pastikan mulut lembab, harum serta bebas dari sisa makanan yang membusuk.

Selain itu, rajin berkumur-kumur dan menggosok gigi merupakan solusi yang membuat mulut lebih sehat terbebas dari sariawan. Untuk lebih maksimal, lakukan pemeriksaan mulut minimal tiga bulan satu kali.

Demikianlah cara mengatasi sariawan di bibir bukan salep anti bibir melepuh yang cukup manjur dan aman. Dengan teknik ini, anda tidak perlu membeli obat kimia yang efek sampingnya lebih berbahaya.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 11th, June 2019 / 02:20 Oleh :
Kategori : Sariawan