Sponsors Link

10 Cara Mengatasi Mulut Kering Secara Alami yang Tidak Membuat Mulut Infeksi

Sponsors Link

Mulut kering adalah penyebab bibir terasa tidak nyaman. Selain itu, mulut kering ini juga menjadi penyebab munculnya bau mulut dan penyakit sariawan sekalipun sudah minum vitamin untuk bibir kering dan sariawan. Jika mulut kering tidak segera diatasi, selain bentuk bibir menjadi jelek, nafas pun menjadi bau yang sangat busuk.

ads

Obat mulut kering banyak dijual di apotik. Pada umumnya jenis obat yang dijual adalah obat yang berbahan kimia. Maka dari itu, obat mulut kering semacam inilah yang memiliki efek samping negatif, seperti halnya memicu sesak nafas, sariawan kronis hingga penyakit kanker mulut.

Nah, bagi Anda yang ingin mengatasi mulut kering tanpa menggunakan obat berbahan kimia, inilah caranya. Silahkan Anda terapkan secara teratur cara mengatasi mulut kering secara alami dan cara menyembuhkan luka di bibir ini, pasti, mulut Anda kembali basah sehingga kesehatannya lebih terjamin.

  1. Minum Air Putih Yang Banyak

Salah satu penyebab mulut kering adalah kurangnya cairan di dalam tubuh yang mengakibatkan menipisnya volume kelembaban di dalam rongga mulut. Jika anda memenuhi pasokan cairan tubuh dengan cukup, niscaya metabolisme mineral di dalam tubuh akan berjalan maksimal, sehingga mulut menjadi lebih lembab.

Minum air putih dan makan makanan penyembuh sariawan adalah solusi mengembalikan cairan di dalam mulut. Dengan meminum air putih sebanyak 18 gelas sehari saja itu sudah lebih dari cukup untuk membuat mulut kering Anda sirna.

  1. Mengunyah Permen Karet Tawar

Orang yang jarang berbicara, biasanya kondisi mulutnya lebih kering dibandingkan orang yang suka berbicara. Hal ini disebabkan oleh kurangnya gerakan oral ketika minum minuman penghilang bau mulut yang mengakibatkan semua organ mulut menjadi pengap. Nah, ketika rongga mulut, lidah, dan gigi ada pada lokasi yang pengap,  tentu ludah dan liur akan menggumpal. Nah, penggumpalan inilah yang membuat mulut menjadi kering.

Solusinya adalah mengunyah permen karet tawar. Karena permen karet tanpa gula ini memaksa mulut untuk terus bergerak mengunyah. Selain itu, mengunyah permen karet juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar kelembaban di dalam mulut.

  1. Gunakan Pelembab Ruangan

Ruangan yang pengap juga penyebab mulut terlihat kering dan pecah pecah. Hal ini disebabkan oleh minimnya oksigen yang masuk ke dalam mulut. Idealnya, sesuai cara mengatasi kanker mulut, oksigen yang masuk dan keluar adalah balance atau seimbang. Jika lebih banyak oksigen yang dikeluarkan, tentu hawa panas yang mengikutinya akan menempel pada lidah, sehingga lidah pun mengering.

Nah, jika Anda tidak ingin mengalami hal tersebut, segera pasang pendingin atau pelembab ruangan. Namun, pastikan volumenya tidak terlalu besar agar efeknya pada tubuh tetap nyaman.

Sponsors Link

  1. Bernafas Melalui Hidung

Bernafas melalui hidung adalah cara mengatasi mulut kering dan cara menyembuhkan gusi bengkak dengan cepat yang agak sulit dilakukan.  Kesulitan tersebut disebabkan oleh kebiasaan orang bernapas melalui mulut sehingga ketika bernafas melalui hidung menjadi susah dan membutuhkan banyak latihan. Padahal, bernafas melalui hidung bisa mengurangi keluarnya volume oksigen melalui mulut, sehingga mulut bebas dari hawa panas dan mencegahnya dari kekeringan yang ekstrim.

  1. Lindungi Bibir Dari Cahaya Matahari

Kondisi cuaca yang panas dan matahari yang terik bisa membuat gangguan mulut kering menjadi semakin parah. Saran kami, lindungi bibir Anda dari cahaya matahari dengan menggunakan lip balm alami. Hindari lipstik kimia, karena produk ini justru membuat ciri ciri kista mulut bermunculan dan salah satunya adalah bibir cepat kering dan tipis.

  1. Berkumur Menggunakan Air Garam

Mulut kering biasanya disertai dengan berkumpulnya bakteri atau kuman di dalam mulut. Maka menjadi wajar kalau mulut terlalu kering, bau ludah menjadi sangat busuk dan menyengat.

Nah, berkumur menggunakan air garam adalah solusi mengatasi mulut kering sekaligus menghilangkan penyebab kista mulut yaitu bau menyengat tersebut. sebab, garam mengandung yodium yang fungsinya adalah membunuh bakteri dan kuman dimana pun ia berada.

  1. Masukkan Cabai Rawit ke Dalam Makanan

Cabai rawit adalah cabai yang bentuknya kecil tetapi rasa pedasnya sangat luar biasa. Jika mulut Anda merasakan pedasnya cabai rawit, secara otomatis kelenjar ludah akan bereaksi memproduksi ludah dengan lebih cepat. Sehingga bahaya sering sariawan yaitu mulut kering menjadi lebih basah.

Sponsors Link

  1. Minum Wedang Jahe

Wedang jahe hangat adalah cara mengatasi mulut kering secara alami yang kedelapan. Minuman ini mampu meningkatkan suhu tubuh yang efeknya semua metabolisme akan berjalan normal. Dampak dari peristiwa ini adalah pasokan mineral di dalam mulut akan semakin lancar sehingga mulut terbebas dari kekeringan yang frontal.

  1. Jus Buah Naga

Buah naga adalah buah lokal yang mengandung banyak air. di dalam kandungannya terdapat banyak nutrisi penting seperti betakaroten, minyak atsiri, tanin, polifenol, fitamin C dan masih banyak lagi gizi yang lainnya. Beberapa nutrisi diatas ada yang bekerja sebagai antioksidan dan promineral. Sehingga, jika Anda mengkonsumsi jus buah naga secara rutin, mulut akan bebas dari kekeringan serta organ mulut menjadi lebih sehat.

  1. Mengoleskan Madu

Jika mulut kering Anda disertai dengan bibir pecah pecah, mengobatinya dengan obat bau mulut dan nafas yaitu madu adalah solusi yang tepat. Cara mengobatinya juga mudah. Anda tinggal mengoleskannya saja pada bibir dan sebagian lagi Anda campurkan dengan secangkir air lalu minum secara teratur.

Itulah cara mengatasi mulut kering secara alami yang bisa dicoba. Cara ini tidak merepotkan dan harganya tidak semahal obat kimia. Selain itu, tips diatas sangat sedikit atau bahkan tidak mengandung efek samping apapun. Selamat mencoba!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 17th, September 2018 / 15:23 Oleh :
Kategori : Mulut Kering