Sponsors Link

9 Cara Mengatasi Gingivitis Secara Alami dan Medis

Sponsors Link

Anda tahu cara mengatasi gingivitis atau radang gusi dan cara menghilangkan bau gigi? Ingat! penyakit Gingivitis adalah penyakit yang harus segera diatasi secepatnya. Gingivitis yang dibiarkan tanpa pengobatan akan berujung pada kerusakan email gigi hingga gigi patah. Bahkan, dengannya pembengkakan akan menyebar ke area gigi yang lain.

ads

Mengatasi gigi bengkak atau gingivitis dengan obat warung, merupakan tindakan salah. Selain obat tidak legal, ukuran dosisnya terkadang kurang tepat. Sehingga, bukan gusi bengkak yang sembuh, justru luka dan inflamasi semakin membesar.

Berikut ini, kami list cara mengatasi gingivitis yang tepat dan paling aman dengan minuman penghilang bau mulut. Cara ini memadukan antara tehnik medis dengan alami bebas efek samping. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin memiliki gusi aman dari peradangan.

  1. Membersihkan Gigi dengan Benang Khusus

Gigi anda harus dibersihkan setiap hari. Tidak cukup dengan menggosok gigi tetapi juga dengan dicungkil. Fungsinya adalah untuk menghilangkan sisa makanan yang melekat pada sela sela gigi.

Akan tetapi, mencungkil gigi menggunakan benda tajam bukan merupakan cara mengobati pulpitis irreversible yang sangat berbahaya. Karena bisa melukai gusi yang efeknya, gigi penting ini bisa menjadi bengkak.

Saran kami, gunakan benang khusus yang memang diformat untuk memasuki celah gigi dengan lembut. Jika anda menggunakan alat ini, gigi tidak mengalami iritasi sehingga aman dari gingivitis.

  1. Berkumur Menggunakan Air Garam

Air Garam bermanfaat untuk menghilangkan bakteri atau kuman. Termasuk bakteri herpes penyebab gingivitis dan penyebab glositis. Jika anda mengalami radang gusi, berkumur menggunakan air garam bisa dilakukan. Dijamin aman dan bebas efek samping.

Di dalam air garam terdapat kandungan yodium yang bekerja sebagai antimikroba. Dengannya gusi anda tidak hanya aman dari kuman tetapi juga bebas protozoa atau jamur.

Manakala yodium masuk ke dalam gusi, zat ini akan berpadu dengan senyawa fitonutrien bawaan untuk membuat filter di dalamnya. Tujuannya adalah supaya radang yang terjadi akan dilawan oleh antioksidan dan imunitas sehingga pembengkakan ekstrem tidak terjadi.

  1. Minum Obat Anti Radang

Obat anti radang berfungsi untuk melakukan perbaikan sel di dalam gusi. Sehingga metabolisme kembali berjalan lancar. Jenis obat yang digunakan bermacam macam. Seperti ibuprofen, Aspirin, naprozen dan lain lain.

Sebagian besar obat anti radang berbahan kimia. Sehingga anda harus ekstra hati – hati ketika mengkonsumsinya. Sebab, efek samping obat ini bisa membahayakan pengguna jika tidak disertai pengawasan medis, cara membuat napas harum dan dosis yang tepat.

  1. Berkumur – Kumur Sesudah Makan

Cara mengatasi gingivitis yang selanjutnya adalah berkumur sesudah makan. Berkumur – kumur sesudah makan makanan pencegah sariawan harus anda lakukan dengan rutin. Hal ini untuk menjamin sela sela gigi bebas dari sisa makanan.

Walaupun cukup penting, cara berkumur tetap harus anda jaga. Hindari berkumur dengan mendongakkan kepala. Karena itu membuat kuman ikut masuk ke tenggorokan.

Berkumurlah dengan normal dan tidak berlebihan. Selain itu, pastikan kalau sisa air berkumur harus anda buang agar mulut tetap steril.

Sponsors Link

  1. Konsumsi Ramuan Herbal

Ramuan herbal berkhasiat untuk mengobati gingivitis. Biasanya, ramuan yang dimaksud, terbuat dari bahan – bahan tumbuhan yang sudah dikenal sebagai tanaman obat.

Ramuan herbal berbeda dengan obat berbahan kimia. Bahkan ramuan herbal sebagai cara mengobati luka pada gusi ternyata lebih aman dibandingkan obat kimiawi. Pasalnya, obat kimia dianggap memiliki efek samping. Sedangkan obat herbal, efek sampingnya minim sekali.

Ramuan herbal untuk gingivitis beraneka ragam. Sebut saja, ramuan kulit manggis dengan daun sirsak, Ekstrak Daun Bidara, Racikan Madu dengan Kumis Kucing dan banyak lagi obat jenis lainnya.

  1. Hindari Makanan Kasar dan Bertekstur Tajam

Makanan kasar dan tajam seperti krupuk, kripik, roti bakar, pizza, dan makanan serupa, bukan cara mengatasi gingivitis. Sehingga tidak layak anda konsumsi jika gusi sedang meradang.

Makanan jenis ini, bisa melukai email gusi. Bahkan dengannya, gusi anda akan bekerja ekstra keras. Sebab, makanan kasar dan tajam sulit untuk hancur jika tidak dikunyah dengan kencang.

Jika anda ingin menyembuhkan gingivitis dan glositis, ganti makanan tersebut dengan makanan bertekstur lembut dan mudah ditelan. Seperti bubur ayam, Soto Lontong tanpa daging, Capcay hangat dan gado gado.

  1. Jangan Menyentuh Gusi dengan Tangan

Gusi yang meradang terasa tidak nyaman ketika bersentuhan dengan dinding mulut. Kondisi ini lebih enak jika gusi disentuh. Akan tetapi, cara ini tidak baik untuk dilakukan. Karena bakteri yang ada di tangan bisa berpindah ke area gusi. Akibatnya, peradangan gusi sulit untuk dihilangkan. 

Sponsors Link

Saran kami, jika anda ingin mengatasi kondisi gusi yang tidak enak karena bengkak, gerakkan saja mulut anda secara lembut beberapa menit. Ulangi jika dibutuhkan. Dijamin, gusi dan mulut anda lebih nyaman tanpa harus membayar biaya serupa biaya operasi gigi geraham yang mahal.

  1. Hindari Memainkan Gusi dengan Ujung Lidah

Membasahi gusi bengkak dengan ludah memang enak. Karena rasa panas yang muncul menjadi lebih sejuk. Akan tetapi, tehnik ini kurang baik dilakukan. Karena kuman di dalam lidah akan berpindah ke dalam gusi. Jika anda mengalami gingivitis, hendaknya berkumur secara teratur atau minum minuman penghilang bau mulut. Karena cara ini lebih aman dibandingkan membanjiri gusi dengan air ludah.

  1. Lakukan Diagnosis

Tips mengatasi gingivitis yang terakhir adalah melakukan diagnosis. Fungsi dari aktivitas medis ini, adalah untuk memonitor gejala penyakit. Jika sudah parah, maka tindakan medis lanjutan bisa dilakukan.

Itulah cara mengatasi gingivitis yang layak anda perhitungkan. Silahkan terapkan semua tehnik diatas demi kesembuhan radang gusi yang anda derita.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 28th, December 2018 / 08:28 Oleh :
Kategori : Gingivitis