Sponsors Link

Begini 9 Cara Mengatasi Bibir Iritasi Jika Masih Ingin Tampil Cantik

Sponsors Link

Bibir adalah organ tubuh yang menunjang kecantikan seorang perempuan selain ciri-ciri lidah yang sehat. Apalagi jika bentuknya sensual dan warnanya merah merona. Namun terkadang, wanita sering terganggu dengan bibir yang mengalami iritasi. Karena yang terlihat adalah bibir kering bahkan mengelupas. Maka dari itu, perlu dipelajari cara mengatasi bibir iritasi.

ads

Namun Anda tidak usah khawatir, cara mengatasi bibir rusak dengan perawatan stomatitis ini sudah banyak. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba. Dijamin dengan cara ini, bibir kembali indah, kelembabannya juga terjaga. Silakan di simak ya!

1. Konsumsi Banyak Air

Cara mengatasi bibir mengelupas dan tips agar nafas tidak bau yang pertama adalah banyak minum air. Supaya kelembaban bibir kembali pulih. Karena jika bibir semakin lembab, bakteri tidak akan berani melakukan infeksi.

Sebaliknya, jika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, bibir yang kering karena stomatitis herpetika semakin parah. Bahkan bisa terkelupas dan terluka. Maka dari itu, jika bibir iritasi, konsumsi air putih hangat 18 gelas perhari.

2. Hentikan Kebiasaan Menjilat Bibir

Hal yang perlu dilakukan jika bibir iritasi adalah hentikan kebiasaan menjilat bibir tetapi ganti dengan makan makanan pencegah bau mulut. Memang, ketika diusapkan liur, bibir terasa sejuk. Namun, itu hanya sementara. Karena setelah itu, pengeringannya semakin cepat dan lebih tipis.

3. Oleskan Lip Balm Alami

Menggunakan lip balm juga bagus untuk mengembalikan kesehatan bibir dan mengobati infeksi maupun iritasi selain makanan penyembuh sariawan. Namun pastikan Anda menggunakan yang berbahan alami.

Karena yang dibutuhkan dari produk ini hanyalah zat petroleum yang dianggap bisa melindungi imun bibir dari bakteri.

Lip balm berfungsi untuk melindungi bibir dari sinar matahari langsung. Selain itu, produk ini juga menjaga bibir tetap lembap sehingga metabolisme imun masih tetap berjalan. Ini yang melakukan regenerasi sel sekaligus mencegah bibir mengalami iritasi.

Namun, jangan asal pilih produk. Jika menemukan, beli lip balm yang di dalamnya juga mengandung SPF 15 anti UV.

4. Lindungi Bibir Dari Make Up Kimia

Sebagai seorang wanita, tentu tidak lepas dari alat make up wajah. Apalagi ketika sedang keluar rumah. Namun, jika bibir sedang iritasi, lebih baik kendalikan penggunaan produk kosmetik kimia. Karena jika tersentuh, justru iritasi semakin parah dan menjadi penyebab glositis akut.

Pasalnya, sel jaringan bibir dengan wajah tidak sama. Artinya, produk wajah tidak boleh menyentuh bibir. Apalagi jika sedang iritasi.

Sponsors Link

5. Jangan Sembarangan Memakai Lipstik

Jika bibir iritasi, bukan berarti tidak boleh memakai lipstik. Tetapi Anda harus pintar memilih mana lipstik yang aman dan berbahaya. Ketahui pula kadar alkohol di dalamnya. Karena jika berlebihan, justru bisa membuat bibir iritasi semakin kering.

Jika pun harus memilih lipstik dengan alkohol tinggi, pakai yang bahannya diambil dari ekstrak tanaman. Karena biasanya di dalam kandungan terdapat emolien yang justru membuat bibir lebih lembap dan lembut.

Lipstik yang juga bagus untuk bibir iritasi adalah lipstik yang terbuat dari bahan alami. Sekalipun harganya relatif lebih mahal, tetapi efek sampingnya bagi bibir tidak terlalu terasa.

6. Oleskan Madu Sebelum Tidur

Cara mengatasi bibir iritasi dan cara menghilangkan gatal di bibir selanjutnya adalah menggunakan madu. Namun, bukan madu olahan melainkan madu hutan yang masih murni. Caranya adalah oleskan madu pada bibir sesaat menjelang tidur malam. Setelah itu diamkan, dan keesokan harinya baru dibilas dengan air bersih.

7. Teliti dalam Memilih Makanan

Makanan juga harus dijaga jika bibir sedang iritasi. Lebih baik banyak konsumsi buah dan biji-bijian seperti pepaya dan kacang almon. Karena kandungan asupan ini bisa meningkatkan mineralisasi pada bibir.

Sponsors Link

Yang paling penting adalah hindari makanan pedas dan panas. Karena makanan ini justru mengurangi mineral bibir yang mengakibatkan bibir kering dan mengelupas. Makanan sarat gula juga termasuk yang harus dihindari.

8. Lakukan Eksfoliasi dengan Rutin

Menurut ahli kecantikan, melakukan eksfoliasi secara rutin bisa meringankan gejala bibir iritasi. Caranya adalah menggunakan scrub bibir dan sikat gigi yang baik. Dengan aktivitas ini, sel bibir yang mati akan terevitalisasi dengan sel yang lebih sehat.

9. Oleskan Gel Lidah Buaya

Solusi berikut untuk masalah bibir iritasi yang tergolong cara merawat bibir luka adalah gel lidah buaya. Pasalnya, getah tanaman herbal ini memiliki kandungan antioksidan dan antivirus yang baik. Sehingga dengannya, bibir yang meradang karena infeksi bisa diobati dengan cepat.

Selain itu, sebagai obat herbal, tentu gel lidah buaya tidak berbahaya. Karena tidak mengandung efek samping yang jahat. Namun, menggunakannya harus tepat. Salah satunya adalah dipakai tipis saja pada bibir.

Bibir meradang dan terkelupas? Jangan dibiarkan. Tetapi obati dengan cara mengatasi bibir iritasi  dan pencegahan gingivitis yang aman dan bebas efek samping.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Wednesday 02nd, October 2019 / 10:06 Oleh :
Kategori : Pengobatan