Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Bibir Gatal dan Bengkak Paling Aman

Sponsors Link

Anda pernah mengalami bibir gatal pasca bangun tidur? Dijamin, fenomena tersebut membuat anda tidak nyaman kecuali sudah dilakukan cara mengatasi bibir gatal alami yang dikombinasikan dengan cara merawat gigi berlubang agar tidak bau menyengat.

ads

Anda pasti bertanya-tanya dari mana asal muasal gatal tersebut. Bahkan, jika gatal disertai bengkak, anda akan merasa minder untuk keluar rumah. Karena penampilan wajah tidak lagi cantik. Kecemasan inilah yang menjadi dasar ketidaksukaan perempuan pada rasa gatal jenis apapun terutama di bibir.

Penyebab Bibir Gatal

Penyebab gatal di bibir dan penyebab sariawan di gusi yang paling sering terjadi adalah masalah parasit penyebab bau mulut dan alergi. Baik alergi karena makanan, aroma tertentu hingga suhu udara dan ketergantungan obat kimia.  Sedangkan gigitan serangga merupakan penyebab bibir gatal yang muncul secara tiba-tiba. Biasanya terjadi di malam hari dan rasa gatalnya baru terasa di pagi hari.

Cara Mengobati Bibir Gatal

Apapun penyebabnya, gatal di bibir harus diobati. Jika tidak, bibir menjadi bengkak bahkan terluka. Nah, berikut ini beberapa cara mengobati bibir gatal dan cara mengatasi sariawan di bibir yang bagus. Semuanya terbuat dari bahan alami sehingga aman digunakan untuk kulit, yaitu:

1. Kompres Air Hangat

Cara mengatasi bibir gatal yang pertama adalah mengobati bibir gatal penyebab sariawan di bawah lidah menggunakan air hangat. Tekniknya dengan cara dikompres secara teratur di tempat yang terkena masalah.

Caranya sangat mudah. anda tinggal membasahi handuk bersih dengan air hangat. Lalu sentuhkan pada bibir yang gatal. Lakukan dengan lembut dan berulang. Untuk hasil maksimal, ulangi hingga beberapa kali setiap hari.

2. Kompres Dingin

Jika menggunakan air hangat, anda tidak begitu suka, ganti saja dengan kompres air dingin. Karena hawa sejuknya juga bisa menurunkan bengkak akibat macam macam penyakit gigi dan mengurangi rasa gatal di bibir.

Cara menggunakannya relatif sama dengan kompres air hangat di poin 1. Yaitu, anda tinggal membasahi handuk dengan air dingin lalu tempelkan di bibir yang gatal. Pastikan anda melakukannya dengan lembut.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera merupakan obat herbal bibir gatal dan jenis jenis sariawan. Dengan obat ini, bibir gatal hilang tanpa anda harus mengeluarkan biaya mahal. Apalagi, tanaman ini mudah ditemukan sehingga bisa mendapatkannya secara gratis.

Selain menyembuhkan bibir gatal, ternyata lidah buaya memiliki banyak manfaat lain. Seperti menjaga warna bibir dan membuat bibir lebih sensual. Maka dari itu, lidah buaya banyak dijadikan bahan make up.

Cara menggunakan lidah buaya untuk bibir gatal sangat mudah, anda tinggal memotong lidah buaya lalu teteskan gel atau getahnya ke bibir selama 20 menit. Setelah itu bilas sampai bersih. Untuk hasil maksimal, anda bisa mengulanginya sebanyak 3 kali sehari.

Sponsors Link

4.  Madu

Tidak ada satu orang pun yang tidak mengetahui manfaat madu. Bahkan, sebagian orang menyebutkan obat 1000 penyakit saking banyaknya faedah yang dimunculkan.

Ternyata madu bisa digunakan untuk mengobati bibir yang gatal bahkan bengkak dan bisa menghilangkan penyebab nafas bau busuk. Hal ini dikarenakan zat anti inflamasi yang ada di dalamnya. Jadi tunggu apa lagi pakai saja madu jika bibir bengkak dan gatal tiba-tiba.

Cara menyembuhkan bibir gatal dengan madu adalah dioleskan. Ambil sedikit madu lalu letakkan di bibir dan gosok agar merata. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

5. Teh Celup

Obat yang tidak pernah terpikirkan adalah teh celup. Bahkan, setiap selesai digunakan, benda ini pasti langsung dibuang ke tempat sampah. Padahal, teh celup memiliki manfaat yang luar biasa. Terutama untuk menyelesaikan masalah kecantikan.

Selain bisa mengatasi mata panda, bahaya nekrosis pulpa dan jerawat, ternyata teh celup bisa meringankan bibir gatal. Bahkan, untuk kasus bibir bengkak dan sariawan ringan, reaksi benda ini sangat cepat.

Sponsors Link

Nah, jika bibir anda gatal, segera seduh teh celup. Setelah itu, angkat dan diamkan hingga dingin. Baru setelah itu tempelkan teh celup ke bibir yang bermasalah.  Agar hasilnya lebih maksimal, aktivitas ini boleh diulang sebanyak 3 kali sehari.

6. Minyak Kelapa

Minyak kelapa tidak hanya digunakan untuk menggoreng makanan. Tetapi juga bisa dijadikan sebagai obat. Bahkan, minyak dari kelapa ini tergolong obat herbal yang dibudidayakan secara turun temurun di Indonesia.

Manfaat minyak kelapa bagi kesehatan adalah mengatasi bibir bengkak, gatal hingga masalah virus herpes. Bahkan, coconut oil ini sering digunakan sebagai pembersih kulit alami.

Cara menyembuhkan bibir gatal dan bahaya degenerasi pulpa dengan minyak kelapa adalah oleskan minyak pada jari lalu tempelkan di bibir. Setelah itu gosok dengan lembut agar minyak menyerap sempurna.

Demikian beberapa cara mengatasi bibir gatal yang paling aman. Jika sakit masih berlanjut, segera hubungi dokter. Dikhawatirkan, itu merupakan gejala penyakit tertentu yang statusnya lebih parah dibanding bibir gatal biasa.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Friday 09th, August 2019 / 03:30 Oleh :
Kategori : Pengobatan