Sponsors Link

10 Cara Mencegah Usus Kotor Penyebab Bau Mulut Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Tahukah anda, bahwa bau mulut itu diakibatkan oleh usus yang kotor? Mungkin selama ini yang kita ketahui hanyalah, bau mulut terjadi karena bakteri penyebab bau mulut, liur mengental atau lidah belakang sedang mengering. Padahal, gangguan pencernaan juga ikut andil membuat mulut menjadi berbau. Termasuk gangguan pencernaan, usus yang kotor.

ads

Berikut ini, akan kami list cara mencegah usus kotor penyebab bau mulut serta tips atasi sariawan saat puasa yang bisa dijadikan rujukan, supaya mulut senantiasa berbau harum dan segar. Dengan cara ini, aktivitas anda berbicara menjadi lebih nyaman serta rasa percaya diri anda menjulang tinggi.

Dengan cara ini pula, anda umat muslim yang sedang  berpuasa bisa memiliki bau mulut tidak terlalu menyengat karena ususnya tetap bersih dan sehat. Apalagi jika dipadu padankan dengan cara membersihkan gusi yang efektif.

  1. Jangan Merokok

Hentikanlah kebiasaan merokok saat ini juga jika ingin usus anda bersih. Karena Selain rokok bisa mengganggu kesehatan, rokok juga penyebab lidah sakit, perusak usus sekaligus pembawa karbon berbahaya penyebab usus kotor.

Nikotin yang masuk ke dalam usus akan melakukan pengeringan ekstrim pada mineral. Padahal mineral sangat dibutuhkan untuk melancarkan  proses sirkulasi darah. Nah, jika sirkulasi darah tidak lancar, tentu aliran makanan yang masuk ke dalam usus akan terhambat sehingga usus penuh dengan sisa makanan non energi.

  1. Kunyah Makanan Sampai Halus

Tidak ada aturan medis tentang kehalusan makanan yang anda telan. Jika makanan yang masuk ke dalam tubuh semakin halus, itu lebih baik. Karena bisa membuat metabolisme tubuh semakin lancar, kerja pangkreas tidak terlalu berat dan usus menjadi bersih. Efeknya tubuh menjadi ringan dan berat badan tetap ideal. Sehingga penyebab bibir cepat kering bisa diatasi.

  1. Hindari Duduk Terlalu Lama

Aktivitas di kantor mungkin mengharuskan anda duduk berlama lama di depan komputer. Jika kebiasaan ini dibiarkan terus menerus, berbagai gangguan tubuh bisa menyerang seperti gangguan ginjal dan kram perut.

Alangkah baiknya, anda berdiri untuk rileks mengenakkan badan. Tujuannya supaya makanan yang tersisa di dalam usus tidak terhimpit lemak sehingga mudah dikeluarkan menjadi tinja atau urine. Selain itu, dengan berdirinya anda dari duduk yang lama,  apalagi jika disertai dengan minum jus yang bagus untuk sariawan bisa membuat sulfur kotor di dalam usus terbuang menjadi kentut.

  1. Jangan Tidur Sehabis Makan

Tidur sesudah makan memang nikmat. Bisa bikin anda terlelap dengan cepat. Akan tetapi, kebiasaan ini harus dicegah jika anda tidak ingin memiliki usus yang kotor. Pasalnya, ketika anda tidur, metabolisme berjalan lebih lambat. Sehingga sisa makanan yang seharusnya terbuang justru bertumpuk di dalam usus. Maka wajarlah, jika orang yang terbiasa tidur sesudah makan, akan bermasalah dengan berat badan atau obesitas.

Sponsors Link

  1. Banyak Minum Air Putih Hangat

Normalnya, usus manusia pasti kotor dan becek. Karena organ ini selalu dilewati sisa makanan yang tidak bisa di diolah menjadi energi. Jika laju remah makanan berbentuk kristal kristal kecil ini tersumbat, tumpukannya di dalam usus akan semakin banyak. Sehingga resiko penyakit usus bisa terjadi.

Cara mencegahnya adalah perbanyak minum air putih hangat sekaligus minuman penghilang bau mulut lainnya untuk meningkatkan kadar mineral di dalam usus. Sehingga penyumbatan bisa dihilangkan dan sisa makanan bisa melaju dengan cepat menuju anus atau ureter.

  1. Rajin Menggosok Gigi

Gigi yang kotor dan berbau bisa ditempati bakteri untuk berkembang biak. Jika bakterinya semakin banyak, mereka akan memasuki organ lainnya sampai ke usus dengan mengikuti jalur aliran darah. Nah, jika usus sudah penuh dengan bakteri, mereka akan melakukan pengrusakan protein sisa makanan yang ditemuinya dan melemparkannya ke segala arah.

Maka dari itu, jika pingin usus bersih bebas bakteri, jaga kesehatan gigi dengan rajin menggosok gigi. Sekaligus terapkanlah cara mengatasi mulut asam dengan rutin dan teratur.

  1. Jangan Telat Makan

Idealnya, usus manusia itu akan bekerja terus menerus dengan volume kerja yang tetap. Akan tetapi, jika pola makan tidak teratur, jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh juga tidak ideal. Sehingga metabolisme harus mengambil protein non makanan yang sudah di ekstrak lebih dahulu. Padahal protein dibutuhkan untuk meningkatkan energi tubuh.

Jika anomali ini terjadi terus menerus, usus akan dipenuhi oleh kolesterol, purin, lemak dan protein lainnya. Padahal protein semacam ini amat sukar dihilangkan ketika sudah masuk ke dalam usus. Yang ada organ usus menjadi kotor dan vitalitas anda terganggu. 

Sponsors Link

  1. Perbanyak Asupan Makanan Berserat

Salah satu cara mencegah usus kotor penyebab bau mulut yang paling oke adalah banyak makan makanan berserat. Anda bisa mengkonsumsi sayuran seperti wortel, kol, seledri, kangkung dan beberapa buah penyembuh sariawan seperti pepaya, apel, mangga, jeruk dan lain lain.

Makanan berserat ini akan membantu mendorong sisa makanan atau protein yang berada di dalam usus untuk dikeluarkan melalui saluran pembuangan.

  1. Minum Teh Tawar

Bau mulut anda tidak enak akibat usus yang kotor? Rutinkan minum teh tawar tanpa gula secara teratur, padukan dengan makanan pencegah bau mulut. Daun teh mengandung polifenol yang bekerja sebagai antimikroba atau antibakteri. Zat ini memang ekslusif untuk membunuh semua bakteri jahat di dalam usus termasuk bakteri penyebab usus kotor dan berbau.

  1. Jangan Malas Olah raga

Jika anda mengalami nyeri usus sehabis makan, itu artinya sisa makanan sudah memenuhi usus anda dan sedikit melukainya. Lakukan olahraga enteng seperti jalan cepat atau joging ringan untuk mengembalikan mineralisasi di dalam usus supaya usus lebih licin dan basah.  Sehingga sisa makanan terbuang dengan segera dan luka di dalam usus bisa sembuh tak berbekas.

Itulah beberapa  cara mencegah usus kotor penyebab bau mulut yang bisa anda terapkan dalam keseharian anda.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 31st, May 2018 / 21:45 Oleh :
Kategori : Bau Mulut