Sponsors Link

8 Cara Mencegah Glositis Paling Praktis dan Berkhasiat

Sponsors Link

Anda ingin bebas penyakit radang lidah atau penyakit glositis yang merupakan gejala kanker mulut? Silahkan cermati artikel kami berikut ini yang sengaja kami tulis tentang cara mencegah  glositis. Dengan cara ini kami yakin penyakit glositis atau radang lidah tidak akan berani menyerang anda.

ads
  1. Jangan Merokok

Merokok adalah aktivitas yang sangat merugikan kesehatan tubuh. Karena didalam asap rokok terdapat zat atau senyawa detok alias racun yang bisa merusak metabolisme badan, menghambat sirkulasi darah serta membuat organ tubuh menjadi luka.

Apabila senyawa bernama nikotin ini diserap oleh lidah anda, lidah akan membengkak karena mineral dari makanan penyebab kanker mulut yang ada didalamnya menjadi bertambah banyak sehingga mudah ditempati oleh bakteri untuk berkembangbiak.

Jika organ lidah menjadi tempat berkumpulnya bakteri, sirkulasi darah tidak akan masuk ke dalamnya. Bahkan darah menjadi beku. Darah beku inilah yang terkadang memicu terjadinya inflamasi atau peradangan.

  1. Menggosok Gigi Secara Teratur

Mulut dan gigi yang bersih tidak akan ditempati oleh bakteri herpes penyebab glositis. Sehingga penyakit radang lidah tidak akan pernah terjadi. Maka dari itu, menggosok gigi secara rutin minimal tiga kali sehari adalah pengobatan glositis yang wajib dijadikan sebagai rutinitas nan tidak boleh anda lupakan.

Sehari anda tidak menggosok gigi, bakteri akan menyusup dengan membonceng remah makanan yang menempel di sela sela gigi. Jadi, menjadi wajar kalau glositis menyerang bagi orang yang malas menggosok gigi.

  1. Makan Pelan Pelan

Cara makan yang ideal bukan dengan makan cepat atau cara makan penyebab glositis yang disebut dengan istilah gelojo. Cara makan yang bagus itu adalah makan dengan pelan pelan dan tidak tergesa gesa.

Jika anda makan terburu buru, selain rasa nikmat berkurang, dikhawatirkan juga lidah akan tergigit. Akibatnya, rasa nyeri bisa menyerang bahkan lidah bisa terluka. Dijamin dengan rasa nyeri tersebut, anda tidak akan bergairan lagi untuk melanjutkan makan.

Bukan itu saja efek dari lidah tergigit karena anda makan tergesa gesa. Bahkan, efek ini lebih berbahaya dibandingkan efek yang lainnya, yaitu munculnya pembengkakan pada lidah yang disebut dengan glositis.

  1. Menghangatkan Makanan Panas

Cara mencegah glositis yang keempat adalah menghangatkan makanan yang bersuhu panas ekstrim. Kebiasaan makan makanan panas sama dengan bahaya merokok untuk kesehatan yaitu bisa membuat lidah meradang. Sebab, mineral atau cairan yang ada di jaringan lidah akan mengering sehingga ludah dan liur akan mengental. Dampaknya, lokasi yang mengental tersebut akan disinggahi oleh virus dan bakteri.

Sponsors Link

Tentu, jika virus, bakteri dan protozoa sudah bersemayam pada salah satu organ tubuh, infeksi tidak bisa lagi untuk dicegah. Infeksi virus inilah yang menimbulkan pembengkakan pada lidah.

Saran kami, jika makanan disuguhkan dalam keadaan panas, tiup atau diamkan terlebih dahulu. Baru setelah suhu makanan mulai hangat, aktivitas santap anda bisa dilakukan. Atau ganti makanan panas dengan makanan penyembuh sariawan yang dingin dan lembut.

  1. Cabut Gigi yang Runcing

Jika lidah anda merasa bersentuhan dengan gigi yang tajam, segera periksa gigi tersebut sebelum ketajamannya melukai lidah. Kalau perlu, segera lakukan cara mengobati luka pada gusi yaitu pencabutan gigi sebelum masalah lebih besar datang menyerang.

Gigi yang runcing seringkali disebabkan oleh patahan yang tidak steril, bisa juga karena bawaan dari lahir. Apapun jenis giginya, jika bisa membuat lidah terluka dan bengkak, lebih baik dibuang sebelum luka lidah bertambah besar apalagi sampai memicu terjadinya abses.

  1. Berkumur Menggunakan Mouthwash

Berkumur kumur berfungsi untuk menghilangkan remah makanan yang menempel di sela sela gigi. Namun terkadang, berkumur kumur biasa tidak cukup untuk menghilangkan sisa makanan sampai bersih. Sehingga, bakteri masih bisa leluasa untuk berkembang biak disana.

Jika ini yang terjadi, cobalah berkumur kumur menggunakan mouthwash, sebuah obat kumur khusus yang bisa mensterilkan bakteri di dalam mulut anda.

Sponsors Link

  1. Jangan Makan Makanan Pedas

Sama dengan makanan panas, makanan pedas juga kurang layak anda konsumsi. Memang, makanan pedas memiliki cita rasa yang tajam dan memancing selera. Tetapi jika berlebihan, makanan ini justru bisa menimbulkan gejala glositis yaitu membuat lidah menjadi kering.

Bukan itu saja, makanan pedas juga membuat mukosa lidah menjadi tipis sehingga mudah sekali terluka.

Jika mukosa atau jaringan lunak lidah sudah terluka, darah yang ada didalamnya akan diracuni oleh bakteri sehingga sel yang hidup menjadi rusak bahkan mati. Akibatnya, pembelahan sel radikal yang muncul yang disebut dengan istilah sel kanker.

  1. Jangan Terbiasa Minum Obat Kimia.

Obat kimia adalah obat yang memiliki efek samping sehingga tidak boleh dikonsumsi setiap saat. Efek samping dari obat ini ialah munculnya rasa panas di mulut yang mengakibatkan lidah kering dan tipis. Selain itu, efek samping obat kimia juga menimbulkan inflamasi atau peradangan pada lidah yang disebut dengan istilah medis glositis kronis.

Itulah cara mencegah glositis dan cara membuat napas harum yang paling tokcer. Dengan cara ini, penyakit radang lidah bisa dicegah sejak dini sebelum dia datang menyerang lidah anda.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 21st, December 2018 / 06:02 Oleh :
Kategori : Glositis