Sponsors Link

6 Cara Mencegah Bau Mulut selama Puasa Paling Efektif

Sponsors Link

Cara mencegah bau mulut selama puasa adalah tips yang sangat diperlukan bagi anda yang menjalani ibadah puasa dan sering mengalami masalah bau mulut. Bulan puasa adalah sebutan untuk bulan Ramadhan setiap tahunnya. Setiap umat muslim pada bulan Ramadhan ini pasti harus menjalani ibadah puasa selama kurang lebih 30 hari lamanya. Pertama-tama bau mulut gejala yang pasti terjadi pada bulan puasa.

ads

Penyebabnya adalah keadaan pencernaan yang kekurang air dan dalam kondisi kosong. Kekeringan karena kurangnya konsumsi air pada bulan puasa ini kemudian juga akan menimbulkan bau yang datang dari lambung namun lagi lagi disebut sebagai bau mulut. Asam lambung ini pun diketahui menjadi penyakit yang menyebabkan nafas bau selama bulan puasa.

Selanjutnya sudah diketahui bahwa setiap orang pada bulan puasa akan merasa lemas dan kekurangan cairan. Sedangkan selama puasa, aktivitas kerja, sekolah, dan banyak hal lainnya masih harus dilakukan dan rasanya sangat menguras tenaga. Tapi puasa memang wajib dilaksanakan dan tidak dapat dihindari sebagai salah syarat menjalankan ibadah bagi umat islam diseluruh dunia. Perut yang kosong dan mulut yang kering dalam waktu ini menyebabkan terjadinya kendala dalam sistem peredaran darah di tubuh.

Tubuh kemudian menjadi lemah, sehingga membuat orang merasakan ada banyak perbedaan yang muncul di tubuhnya. Perbedaan itu salah satunya adalah munculnya bau mulut tadi. Semakin banyak orang yang merasa tidak percaya diri berbicara di bulan puasa. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui apa saja cara mencegah bau mulut selama puasa dengan tips menghilangkan bau mulut.

Cara Mencegah Bau Mulut selama Puasa

Berikut adalah beberapa tips yan penulis rangkum untuk mencegah bau mulut selama berpuasa, simak ulasannya:

  1. Konsumsi Air Sebanyaknya, saat Buka dan Sahur Bulan Puasa

Cara mencegah bau mulut pertama yang bisa anda lakukan saat bulan puasa anda adalah dengan membiasakan untuk minum air sebanyaknya saat buka dan sahur bulan puasa. Pasalnya, cairan air memiliki manfaat yang sangat baik untuk menggantikan ion tubuh selama bulan puasa. Jadi kadar cairan tubuh anda pun akan meningkat dalam segala hal. Anda pun bisa berpuasa dalam waktu sebulan tanpa khawatir dengan bau mulut.

  1. Konsumsi Teh Hijau Pahit, saat Buka dan Sahur Bulan Puasa

Pencegahan bau mulut yang dilakukan selama anda sedang menjalankan ibadah puasa adalah dengan rutin meminum teh hijau pahit sebagai penyegar mulut. Alasan rekomendasi ini disebabkan karena teh hijau pahit memiliki kandungan zat polyphenol yang bermanfaat dalam menjaga kestabilan tubuh dan menghindarkan bakteri dari seluruh tubuh anda. Puasa anda pun dapat berjalan sempurna dan tidak membuat kepercayaan diri anda menurun.

  1. Membersihkan Karang Gigi ke Dokter Gigi

Bau mulut anda yang mungkin menyerang di bulan puasa dapat juga disebabkan oleh karang gigi. Jadi sebaiknya anda memeriksakannya ke dokter gigi dan melakukan cara menghilangkan bau mulut akibat karang gigi sampai bersih dengan scalling. Bakteri di dalam mulut pun dapat dibasmi juga dapat menjaga kesehatan gigi lebih kuat lagi.

Sponsors Link

  1. Menggosok Gigi dengan Rutin, Minimal 2 Kali 1 Hari

Cara sederhana lain untuk menjaga nafas tetap segar adalah dengan selalu menggosok gigi dengan rutin. Standar pengulangan gosok gigi tiap harinya adalah 2 kali dalam 1 hari. Jika anda lebih rajin, maka lakukanlah lagi berulang kali dalam batas normal tentunya.

  1. Membersihkan Lidah dengan Menggosoknya

Lidah yang kotor pun mungkin sekali menyebabkan bau mulut selama puasa. Anda perlu melakukan pembersihan lidah ini. Caranya tidak rumit dan bahkan menjadi pakaian favorit anda untuk membersihkan lidah anda.

  1. Menggunakan Obat Kumur sebagai Pelengkap Gosok Gigi

Terakhir, anda dapat mempercayakan masalah bau mulut ini pada obat kumur. Obat kumur yang dimaksud tidak selalu harus satu merek dengan orang lainnya. Jadi pastikanlah untuk membawa bawa obat kumur untuk gigi dan mulut yang berbau. Karena obat kumur termasuk dalam obat bau mulut di apotek yang banyak dicari.

Itulah tadi rekomendasi mengenai 6 cara mencegah bau mulut selama puasa. Semoga segala informasi yang disampaikan di atas, dapat membantu anda dengan efektif dalam upaya penanganan bau mulut di bulan puasa. Sehingga bulan bulan puasa berikutnya, anda tetap beraktivitas seperti biasa tanpa khawatir dengan resiko bau mulut yang mungkin menyerang. Selamat mencobanya!

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 21st, November 2017 / 07:13 Oleh :
Kategori : Bau Mulut