Sponsors Link

10 Cara Efektif Usir Bau Mulut Saat Puasa Terbukti Paling Manjur

Sponsors Link

Bau mulut kurang sedap saat berpuasa? Anda malas berbicara karena takut bau mulut tercium orang lain? Jangan khawatir. Kami punya tips atasi sariawan saat puasa sekaligus solusi bikin bau mulut tetap adem, sejuk dan wangi.

ads

Masalah bau mulut saat berpuasa sudah terjadi sejak jaman dahulu. Sehingga anda tidak perlu risau dan tidak usah menganggapnya berlebihan. Walaupun begitu, mendiamkannya juga bukan cara yang bijak. Karena interaksi anda dengan orang lain, dengan keluarga, dengan klien bisa terganggu.

Berikut ini kami list cara efektif usir bau mulut saat puasa yang bisa di coba. Jika anda kontinue dan serius, cara ini cukup manjur untuk menghilangkan bau mulut yang anda derita.

  1. Mengkonsumsi buah dan sayur

Berbuka dengan makan buah buahan segar cukup baik untuk kesehatan. Apalagi jika disertai dengan konsumsi sayuran yang lengkap.

Kedua makanan sehat ini memiliki kandungan antioksidan alami yang kerjanya hanya membentengi mulut dari bakteri penyebab bau. Jika benteng benteng ini semakin tebal,  bakteri tidak akan berani menginfeksi mulut anda.

  1. Jangan Merokok

Jika merokok sudah menjadi kebiasaan, pasti sulit untuk ditinggalkan. Namun, jika sedang berpuasa, upayakan anda harus menghindarinya kalau tidak ingin mengalami berbagai gangguan mulut seperti mulut sepat dan bau mulut menyengat.

Tembakau mengandung zat detok bernama nikotin yang apabila zat ini ikut andil dalam proses pembakaran akan muncullah karbondioksida berbahaya. Karbon berbahaya ini akan menempel di lidah bagian atas sembari mengeluarkan sulfur belerang berbau busuk.

  1. Membersihkan Lidah

Lidah belakang bisa menjadi sarang bakteri. Pasalnya, di daerah lidah belakang, terdapat banyak remah makanan menempel yang bisa dijadikan santapan oleh bakteri anaerobi penyebab bau mulut. Pingin mulut wangi?  biasakan menyikat lidah setelah berbuka atau bersahur untuk mencegah bakteri mendiami lidah anda.

  1. Pakai Obat Kumur Tak Beralkohol

Berkumur juga bisa dijadikan solusi efektif mengusir bau mulut. Anda juga bisa menggunakan produk atau obat kumur yang dijual di pasaran. Saran saya, pakai saja obat kumur non alkohol untuk mencegah mulut anda menjadi kering biar anda tidak kerepotan untuk mencoba tips menghilangkan bau alkohol di mulut. Karena jika mulut kering, bakteri justru lebih kebal dan sulit untuk dimusnahkan.

  1. Menggosok gigi dengan Pasta Gigi beraroma Sejuk

Cara efektif usir bau mulut saat puasa dan cara mengatasi bibir kering dan gatal yang juga bagus adalah menggosok gigi. Jika sedang puasa, menggosok gigi pasca iftar dan sahur adalah kewajiban. Sebab, kebiasaan yang baik ini akan membantu menghilangkan bau mulut. Sehingga anda tidak malu berbicara dengan orang terdekat dan kerabat anda.

Sponsors Link

  1. Jauhi Makanan Berkadar Gula Tinggi

Berbuka puasa dengan yang manis adalah anjuran. Namun, jika kadar manisnya berlebihan, berbuka anda menjadi tidak nikmat lagi diakibatkan tenggorokan yang serak, panas serta tubuh anda yang kelelahan. Selain itu, berbuka dengan makanan mengandung banyak gula bisa membuat bau mulut anda tidak sedap sekaligus penyebab lidah sakit  permanen. Hal ini disebabkan oleh pertemuan antara bakteri dengan gula memunculkan zat asam. Nah zat asam inilah yang membuat bau mulut anda luar biasa.

  1. Berkumur di Tengah Hari

Berkumur di tengah  hari tidak begitu dianjurkan. Karena takut membatalkan puasa anda. Namun, jika anda melakukannya minimal 2 kali dalam sehari yaitu pada saat berwudu untuk sholat duhur dan asar, itu sudah cukup untuk meringankan bau mulut yang sedang anda alami. Bahkan cara ini juga termasuk cara mengatasi mulut asam saat hamil yang paling dianjurkan oleh para ahli.

Sponsors Link

  1. Minum Teh Hijau

Teh hijau benar benar minuman multi manfaat. Selain menyehatkan kulit, sebagai varian obat tradisional mulut kering dan diet, ternyata teh hijau juga bagus untuk dijadikan cara mengusir bau mulut saat puasa. Teh hijau mengandung senyawa polypenol yang berperan aktif sebagai pembunuh detok dan bakteri penyebab bau mulut, atau dalam istilah medisnya disebut peran antimikroba.

  1. Stop Makan Keju

Bagi sebagian orang, ngemil keju sehabis makan adalah aktifitas wajib. Namun, saran kami jangan anda coba coba melakukan aktifitas ini ketika berbuka puasa. Sebab, keju merupakan salah satu makanan yang proteinnya amat disukai oleh bakteri. Sehingga, jika sisa keju ada yang  menempel di sela sela gigi atau lidah, bakteri akan mengerubutinya. Lambat laut gigi akan terinfeksi dengan bau yang begitu menyengat. Ganti keju dengan camilan panggang atau konsumsi resep makanan untuk anak sariawan yang tidak membayakan kesehatan.

  1. Minum Jus Jeruk

Jeruk tidak hanya menyehatkan tetapi juga anti bakteri. Selain itu, jeruk dikenal sebagai cara menghilangkan bau air liur juga membuat bau mulut lebih wangi. Pasalnya, buah jeruk memiliki mineral alami yang mencegah mulut kering dan sepat. Makanya jus jeruk terkenal sebagai minuman penghilang bau mulut.

Itulah 10 tips terbaik cara efektif usir bau mulut saat puasa yang bisa anda coba di rumah. Tips ini dijamin membuat mulut wangi sehingga anda bisa melewati hari berpuasa dengan nyaman dan penuh percaya diri.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Thursday 31st, May 2018 / 21:50 Oleh :
Kategori : Bau Mulut