Sponsors Link

Bengkak pada Langit Langit Mulut – Penyebab, Cara Mengatasi dan Mencegah

Sponsors Link

Apakah Anda tahu langit – langit mulut?. Organ dalam rongga mulut ini jarang diperbincangkan oleh warganet. Langit – langit mulut ini berada diatas lidah dan berada di rahang atas. Bagi Anda yang tidak atau jarang mempersihkan ronga mulut sehingga tidak menutup kemungkinan terdapat sarang kuman di langit – lagit mulut.

ads

Hal inilah yang akan berdampak pada terbentuknya bengkak pada langit langit mulut atau istilah sederhananya terdapat benjolan. Penyakit ini memiliki penyebab yang berbeda – beda berdasarkan usia. Seperti halnya penyebab sariawan.

Dimana penyebab sariawan ini pun berbeda untuk dewasa dan anak – anak. Oleh sebab itu cara penanganan sariawan juga berbeda seperti pemberian obat sariawan untuk anak  umur 1 tahun. Pada anak sering mengalami bintik pada mulut. Penyebab bintik merah di sekitar mulut pada anak biasanya merupakan pertanda munculnya sariawan. Pada umumnya anak ketika sakit sariawan pasti mengalami susah makan.

Bagi para orang tua sebaiknya mengetahui cara mengatasi anak tidak mau makan karena sariawan, salah satu caranya adalah membuat resep makanan untuk anak sariawan atau menambahkan menu jus yang bagus untuk sariawan sebaiknya dikonsumsi setiap hari.

Bengkak pada langit – langit mulu menyebabkan sudah berbicara atau mengunyah makanan. Oleh sebab itu penderita ini sering memiliki nafsu makan yang rendah. Berikut ini akan dibahas tentang penyebab, cara mengatasi dan pencegahan bengkak pada langit langit mulut.

Penyebab Bengkak pada Langit Langit Mulut

  • Kebersihan mulut yang minim sehingga virus, bakteri dan jamur mudah berkembang.
  • Minuman keras yang Anda konsumsi akan mengakibatkan berkurangnya sistem daya tahan (imunitas) organ mulut
  • Berkurangnya sistem kekebalan tubuh
  • Mengkonsumsi makanan yang kurang terjaga kebersihanya
  • Menghisap tembakau dan rokok
  • Penularan lewat hubungan seks bebas
  • Virus yang di akibatkan oral seks

Cara Mengatasi Bengkak pada Langit Langit Mulut

  • Wajib berhenti menggunakan tembakau (stop merokok)
  • Minum alkohol secukupnya, akan lebih baik jika tidak sama sekali. Mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol secara berlebihan akan mengakibatkan tergangunya sel – sel dalam rongga mulut dan terbentuknya bengkak pada langit – langit mulut.
  • Konsumsi beragam macam buah dan sayuran. Dimana vitamin dan antioksidan banyak ditemukan pada buah dan sayuran dapat membantu mengurangi risiko terbentuknya benjolan atau bengkak pada langit langit mulut.
  • Pakailah topi bertepi luas yang dapat melindungi seluruh wajah Anda, termasuk mulut Anda.
  • Konsultasi dokter gigi Anda secara teratur. Sebagai bagian dari pemeriksaan gigi rutin, mintalah dokter gigi Anda untuk memeriksa seluruh mulut Anda untuk area abnormal yang mungkin mengindikasikan terbentuknya benjolan atau bengkak pada langit langit mulut.
    Sponsors Link

Cara Pencegahan Bengkak pada Langit Langit Mulut

Cara pencegahan supaya tidak terjadi bengkak pada langit- langit mulut yang pasti adalah menjaga kebersihan rongga mulut dan harus menjaga stamina tubuh. Dengan menjaga stamina tubuh maka akan meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh. Berikut ini cara menjaga stamina tubuh agar tetap fit.

  • Rutin Berolahraga

Menurut penelitian, dengan berolahraga seperti aerobik akan dapat mengatasi kelelahan dan menambah energi. Sebagai contoh olahraga jenis aerobik yang mudah dan murah untuk anda gunakan yaitu bersepeda, berenang dan lari.Olahraga ini sangat bermanfaat bagi kesehatan karenan mmpu memperkuat jantung sehingga akan menambah supply oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Dimana dengan meningkatnya oksigen ke organ dalam  sehingga meningkatkan efisiensi produksi energi dan menjaga stamina tubuh tetap fit.

  • Minum Air putih yang banyak

Kurangan cairan adalah penyebab kelelahan. Apabila tubuh kekurangan cairan maka akan berdampak buruk bagi kesehatan karena darah akan mengental. Akibatnya aliran darah menjadi lambat dan diperlukan waktu lebih lama bagi sel tubuh untuk mendapatkan oksigen. Minumlah Air putih yang banyak agar dapat dengan cepat membatu proses oksigenasi tubuh.

Sponsors Link

  • Konsumsi supplemen vitamin, mineral dan asam lemak omega 3

Menurut penelitian, kebutuhan akan asupan multivitamin dan mineral sangat dibutuhkan bagi pasien yang mengalami  kelelahan. Dimana pada vitamin antioksi dan membantu tubuh dapat menetralkan kerusakan dalam sel karena serangan radikal bebas.  Asupan mineral mendukung kinerja hati dan ginjal dalam melakukan kerja detoksifikasi tubuh serta asam lemak omega 3 membantu kerja setiap sel tubuh agar bekerja sebagaiman mestinya.

  • Istirahat yang cukup

Manusia merupakan makhluk hidup yang mampu bergerak dengan inisiatif dan energinya. Kondisi energi ini dapat diciptakan dan berkurang sesuai dengan aktifitasnya. Siklus ini berlangsung selama kurang lebih 90-120 menit dan diwaktu tersebut maka usahakan untuk beristirahat selama beberapa menit untuk memulihkan energi.

Setelah mengetahui penyebab, cara pencegahan dan cara mengatasi bengkak pada langit – langit mulut yang berbahaya di atas, maka dapat diketahui bahwa sariawan hanyalah luka pada bibir pecah – pecah dan kering. Ada baiknya Anda menerapkan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut seperti menggosok gigi serta hindari pantangan sariawan.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan manfaat menjaga kesehatan gigi dan mulut seperti terhindar dari berbagai penyakit akibat tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut serta memiliki mulut yang segar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk membantu Anda agar Anda lebih berhati – hati dalam menyikapi perubahan kesehatan tubuh.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 31st, May 2018 / 21:30 Oleh :