Sponsors Link

7 Bahaya Pulpitis yang Bikin Nyeri Luar Biasa

Sponsors Link

Penyakit gigi sangat beragam dengan rasa nyeri sama luar biasa. Saking luar biasanya, timbul paradoks lebih baik sakit lainnya daripada sakit gigi. Atas dasar itulah, menjaga gigi tetap sehat merupakan ikhtiar yang tidak boleh padam dalam rangka mencegah munculnya penyebab tumor di gusi dan penyakit gigi lainnya.

ads

Salah satu penyakit gigi yang harus diwaspadai adalah pulpitis. Pulpitis adalah penyakit gigi yang terjadi akibat munculnya peradangan pada daerah pulpa. Menurut para pakar gigi, peradangan ini muncul dikarenakan berkurangnya ruang pulpa karena terhalang dinding keras pada gigi sehingga pulpa mudah sekali diserang oleh bakteri penyebab stomatitis yang bandel.

Pulpitis adalah penyakit gigi yang cukup berbahaya. Sebab, gangguan ini terjadi di dalam gigi yang merupakan tempat bekerjanya sistem syaraf dan arteri. Bahkan, jika sudah kronis penyakit ini bisa menyebar ke organ tubuh lainnya. Menghancurkan semua manfaat menjaga kesehatan gigi dan mulut bahkan bisa membuat nyawa melayang.

Berikut ini akan kami list bahaya pulpitis penyebab mulut terasa sepat yang menakutkan jika tidak segera diatasi. Silahkan disimak lalu jadikanlah pedoman pencegahan sehingga gigi anda tetap putih bersih bebas dari gangguan.

  1. Abses Gigi

Abses gigi adalah penyakit gigi yang berupa munculnya nanah pada ujung akar gigi. Salah satu penyebab gangguan ini adalah gangguan peradangan pulpa yang tidak kunjung sembuh sehingga bakteri leluasa melakukan infeksi. Akibatnya, peradangan menjadi pecah dan abses gigi menjadi tidak terelakkan lagi.

  1. Infeksi Ujung Akar Gigi

Bahaya pulpitis selanjutnya adalah bisa menimbulkan infeksi ujung akar gigi. Seperti sudah diketahui, radang pulpa terjadi di struktur fisik gigi bagian dalam. Nah, tentu lokasi pulpa ini berdekatan dengan akar gigi. Maka dari itu, jika radang pulpa terjadi, akar juga ikut mendapat imbasnya. Bahkan pembusukan di daerah ujung akar gigi rentan terjadi. Sekalipun anda sudah mengkonsumsi makanan penyembuh sariawan dengan teratur.

Bukan itu saja, ternyata infeksi ujung akar gigi akibat pulpitis ini  bisa menimbulkan serangan jantung. Salah satu alasannya adalah pulpa gigi dan akar gigi adalah lokasi pergerakan syaraf yang juga berkaitan dengan kerja jantung.

  1. Pulpa Polip

Pulpa polip adalah tumor jinak yang terjadi pada daerah pulpa gigi. Hal ini disebabkan oleh pulpitis yang sudah akut dikarenakan anda jarang minum minuman penghilang bau mulut sehingga pembengkakannya menjadi pecah. Nah, ketika darah dan nanah yang meluber berhasil di infeksi kembali oleh bakteri, tentu kedua senyawa ini akan menjadi beku akibat sel tidak mampu lagi menjaga pergerakan metabolisme mereka.

  1. Gigi Mati

Gigi mati adalah gigi yang sudah tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Hal ini disebabkan oleh rusaknya pembuluh darah dan kerja syaraf. Salah satu penyebab gangguan gigi mati dan penyebab kista mulut adalah pulpitis yang sudah berhasil merusak akar gigi. 

Sponsors Link

Gigi mati tetap menimbulkan rasa nyeri. Apalagi jika infeksi sudah menyebar hingga ke ujung akar gigi. Namun, rasa nyeri ini akan berkurang jika anda menggunakan cara mengobati kista di mulut yang paling aman.

  1. Kanker Gusi

Bahaya penyakit pulpitis yang kelima adalah kanker gusi. Kanker gusi terjadi ketika infeksi syaraf di area akar pulpa sudah mengalami penyebaran kronis. Sehingga metabolisme tidak berjalan maksimal. Ketika metabolisme berjalan tidak lancar, tentu pembelahan sel berjalan radikal dan ekstrim. Jika sel sudah tidak berfungsi, maka lahirnya anomali sel yang dikenal dengan istilah kanker.

Nah jika gusi sudah diserang kanker, bukan saja rasa nyeri yang dikhawatirkan tetapi nyawa anda juga bisa menjadi korban. jadi segera upayakan cara menyembuhkan gusi bengkak dengan cepat dan terbaik kalau perlu lakukan cek medis minimal satu bulan sekali untuk mendapatkan keterangan yang lebih detail.

  1. Gigi berlubang

Salah satu faktor utama penyebab gigi sehat adalah akar gigi. Jika akar gigi aman dari infeksi, gigi akan semakin kuat dan awet. Sebaliknya jika akar gigi diserang pulpitis, tentu gigi bisa menjadi rusak bahkan gigi bisa berlubang.

Sponsors Link

Gigi berlubang karena pulpitis terjadi dikarenakan pergerakan peradangan atau inflamasi sudah menyebar hingga ujung akar gigi. Akibatnya bentuk akar mengalami penyusutan dengan postur yang semakin lemah. Nah, semakin lemah akar gigi, posisi gigi juga menjadi tidak stabil sehingga mudah sekali mengalami patah dan erosi.

7. kanker Mulut

kanker mulut adalah penyakit yang sampai saat ini masih menjadi hantu di peradaban medis dunia. Dan ternyata, penyakit mematikan ini tidak hanya disebabkan oleh rokok dan alkohol, radang pulpa pun ikut bertanggungjawab akan penyakit ini. Maka dari itu, jika pulpitis sedang menyerang segera lakukan tindakan medis secepatnya dan kolaborasikan dengan cara mengatasi kanker mulut yang handal.

Itulah 7 bahaya pulpitis yang harus anda waspadai. Silahkan anda lakukan pencegahan terbaik seperti selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan rajin menggosok gigi dan berkumur menggunakan mouthwash minimal dua kali dalam satu hari.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 09th, October 2018 / 09:01 Oleh :
Kategori : Pulpitis