Sponsors Link

11 Bahaya Merokok bagi Kesehatan Mulut yang Harus Dihindari

Sponsors Link

Merokok merupakan kebiasaan penyebab air liur bau yang tidak boleh anda lanjutkan. Sebab, aktifitas menghisap lintingan tembakau ini memiliki efek tidak baik bagi kesehatan. Salah satu efek buruk dari kebiasaan merokok adalah membuat mulut anda tidak sehat. Tentu, jika mulut anda tidak sehat, berbagai penyakit berbahaya siap menyerang tubuh anda.

ads

Akan tetapi, anjuran diatas tidak pernah ditaati oleh para perokok. Seakan penyuluhan dan sosialisasi pemerintah hingga pakar medis hanya masuk telinga kanan tetapi dikeluarkan kembali lewat telinga kiri. Padahal, jika mereka sudah menderita penyakit akibat rokok, pasti penyesalan mereka begitu besar. Tentu jika masalah  ini penyebab mereka sadar, semuanya sudah terlambat.

Nah, agar anda tidak menyesal di belakang hari, berikut ini kami jelaskan berbagai macam penyakit yang termasuk bahaya merokok utamanya bahaya merokok bagi kesehatan mulut. Silahkan anda simak semoga artikel ini bisa menjadi motivasi bagi anda untuk segera membuang rokok sejauh jauhnya dan menggantinya dengan makanan penyembuh sariawan yang lebih aman.

  1. Kanker Mulut

Kanker mulut adalah peradangan mulut yang disertai luka. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh rusaknya sel yang ada di dalam mulut. Tahukah anda kalau penyebab sel rusak adalah kebiasaan anda merokok? Jika tidak ini penjelasannya.

Rokok mengandung zat nikotin yang bisa bekerja sebagai racun atau detox. Racun ini akan menyerang mulut sehingga mulut kehilangan filterisasinya dan sel kanker pun menjadi radikal.

  1. Bau Mulut Menyengat

Kebiasaan merokok bukan cara menghilangkan alergi di bibir karena justru bisa membuat mulut kehilangan mineral. Sehingga mulut menjadi kering. Akibat kekeringan ini, liur dan ludah menjadi kental. Nah disinilah bakteri leluasa menyemprotkan zat sulfur yang berbau menyengat hingga menyeruak ketika anda berbicara dan bernapas.

  1. Sariawan

Sariawan adalah peradangan mulut yang disebabkan oleh bakteri. Pada umumnya sariawan ini menyerang bibir bagian dalam hingga ke bagian lidah.

Penyakit sariawan ternyata juga disebabkan oleh kebiasaan anda menghisap rokok. Sebab, asap rokok bisa membuat bibir anda mengering dan tipis. Sehingga bibir mudah mengelupas dan luka. Nah luka inilah yang akan diserang oleh bakteri penyebab stomatitis sehingga sariawan muncul tanpa bisa dicegah.

  1. Radang Mulut

Bahaya merokok bagi kesehatan mulut yang keempat adalah Radang mulut. Radang mulut akibat tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut bukan masalah sepele. Penyakit ini juag termasuk bahaya rokok yang harus anda jauhi. Ketika anda merokok, antioksidan dan zat pelindung mulut lainnya dipaksa harus berhadapan dengan detox yang dihasilkan oeh rokok. Jika antioksidan anda lemah, tentu mulut akan semakin kritis sehingga bakteri mudah untuk menginfeksi disana.

Sponsors Link

  1. Radang Kelenjar Ludah

Ludah yang terinfeksi bakteri bukan hanya menimbulkan bau tidak sedap tetapi juga bisa menimbulkan masalah pada kelenjar ludah. Salah satu masalahnya adalah radang kelenjar ludah.

Maka dari itu, jauhi apapun yang menyebabkan bakteri masuk ke dalam ludah. Temasuk menjauhi sejauh jauhnya aktifitas merokok.

  1. Luka pada Gusi dan Gigi

Jika anda baru mengalami pencabutan gigi, seharusnya lokasi pencabutan harus steril dari zat zat berbahaya termasuk makanan yang harus dihindari saat sariawan. Tetapi sayang, masih banyak orang tidak tahu, kalau rokok salah satu benda yang terlarang untuk dihisap pada saat kondisi gigi seperti itu. Karena zat nikotin bisa masuk ke dalamnya. Akibatnya luka akibat pencabutan tidak kunjung sembuh.

  1. Penyakit Oral Leukoplakia

Penyakit ini dikenal dengan istilah pra kanker mulut. Gejalanya adalah luka dan bintik merah di daerah mukosa oral yang apabila disentuh terasa panas dan gatal. Menurut ahli, penyakit ini juga disebabkan oleh keseringan gonta ganti rokok yang mengakibatkan bakteri menyerang jaringan lunak mulut dari segala sisi.

  1. Napas Tidak Sedap

Bahaya rokok bagi kesehatan mulut yang kedelapan adalah napas berbau tidak sedap. Hal ini disebabkan oleh terjadinya pengeringan ekstrim di daerah mulut sehingga ludah menjadi kental yang diakibatkan oleh sirnanya cara menghilangkan gatal di bibir dan akibat banyaknya asap rokok yag mengendap di dalamnya.

Sponsors Link

  1. Suara Serak dan Berat

Rokok bisa membuat tenggorokan anda kering. Selain itu, kebiasaan merokok juga bisa menimbulkan pengentalan mineral di dalam tenggorokan. Akibatnya keluarnya suara menjadi tidak stabil. Seakan terhadang oleh tonjolan padat. Ini cikal bakal munculnya penyakit radang tenggorokan.

  1. Bibir Terasa Bengkak

Kebiasaan menghisap rokok akan mengganggu kelenturan otot otot bibir. Sehinga pada situasi tertentu, bibir terasa lebih berat dari sebelumnya. Jika ini terjadi berhati hatilah! Karena sebentar lagi bibir akan terasa panas dan pecah pecah.

Jadi saran saya jika gejala ini muncul segera lakukan tindakan pencegahan dengan cara mengkonsumsi makanan makanan anti sariawan stomatitis.

  1. Amputasi mulut

Jika kanker mulut sudah kronis, tentu penyelesaiannya adalah dengan mengamputasinya. Jika tidak, sel akan menyebar semakin radikal. Pertanyaannya adalah maukah anda kehilangan mulut? yang merupakan pertanda lenyapnya keuntungan menjaga kesehatan gigi dan mulut anda? Jika tidak! hindari kanker mulut menyerang dengan cara jangan merokok di seumur hidup anda.

Itulah bahaya merokok bagi kesehatan mulut yang harus anda waspadai dengan makanan pencegah sariawan. Gunakan artikel ini sebagai alasan anda untuk menjauhi rokok sebelum anda menyesal. Ingat, menyesal di akhir kasus adalah keterlambatan yang menyakitkan.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Sunday 11th, November 2018 / 00:57 Oleh :
Kategori : Kesehatan Mulut