Sponsors Link

8 Bahaya Degenerasi Pulpa Paling Mengerikan dan Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Degenerasi pulpa merupakan penyakit yang tidak boleh dianggap remeh. Karena jika sudah masuk tahap kritis, bahaya degenerasi pulpa dan bahaya kumur air garam setiap hari bisa terjadi. Bukan hanya gigi bisa habis, komplikasi penyakit yang lebih parah juga bisa menyerang Anda. Salah satunya adalah infeksi darah.

ads

Atas dasar itu, pada artikel berikut ini akan kami jelaskan tentang beberapa bahaya penyakit degenerasi pulpa. Penjelasan tentang resiko penyakit yang sudah dialami oleh beberapa penderita di seluruh dunia.

Definisi dan Bahaya Degenerasi Pulpa

Definisi Degenerasi Pulpa

Degenerasi pulpa adalah penyakit yang muncul akibat terganggunya pulpa gigi. Penyebab yang sering terjadi adalah adanya perubahan pada bentuk pulpa karena infeksi tertentu termasuk infeksi akibat makanan penyebab kanker mulut. Karena pulpa berhubungan dengan syaraf, maka gangguan ini bisa menimbulkan rasa perih yang luar biasa.

Penyakit ini sering kali disebabkan oleh kebiasaan buruk manusia.  Seperti suka merokok dan malas membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi sehingga muncul karies. Karies inilah yang akhirnya menjadi karang gigi menggerogoti permukaan gigi hingga ke area pulpa.

Bahaya Degenerasi Pulpa

Setelah mengenal pengertian penyakit degenerasi pulpa, berikut ini kami jelaskan tentang bahaya-bahaya yang bisa ditimbulkannya.

  1. Gigi Berlubang

Degenerasi pulpa seringkali membuat gigi berlubang parah. Sehingga tidak ada lagi yang bisa dilakukan kecuali dengan pengobatan sindrom sjogren dan pulpoktomi. Jika ini dibiarkan tentu lama, gigi Anda bisa habis sebelum waktunya.

Degenerasi pulpa membuat gigi berlubang, karena pulpa sudah tidak mampu menahan asam yang menutupi lapisannya, sehingga lama kelamaan posturnya berkurang sehingga akar tidak mampu lagi menopang gigi. Yang ada, jika gigi tidak patah, gigi akan lepas dengan sendirinya.

  1. Infeksi Darah

Bahaya degenerasi pulpa yang kedua adalah terjadinya infeksi darah. Infeksi darah ini terjadi manakala degenerasi pulpa sudah semakin parah karena tidak bisa disembuhkan dengan cara mencegah sindrom sjogren, sehingga akar gigi terus diserang oleh bakteri. Akibatnya di dalam akar dan pulpa muncul abses atau borok.

Jika borok ini pecah, darah yang keluar bersama nanah akan diinfeksi oleh virus.  Akibatnya darah sudah tidak murni lagi. Jika tidak dibuang dengan meludah, darah akan masuk ke dalam tubuh dengan membawa racun di dalamnya. Ini yang menimbulkan berbagai penyakit yang lebih berbahaya.

  1. Sariawan

Degenerasi pulpa yang berubah menjadi iritasi pada gigi karena sudah terpapar bahaya mengunyah daun sirih, biasanya di dalamnya sudah penuh dengan bakteri. Jika kondisi mulut tidak steril, tentu bakteri tersebut akan leluasa berpindah ke organ mulut yang lainnya. Termasuk pada mukosa atau jaringan lunak.

Jika ini menimpa mukosa tentu jaringan akan pecah dan terluka. Ini yang disebut dengan sariawan. Posturnya bisa menyerang dimana saja yang penting jaringan tersebut lunak dan mengandung mineral serta darah seperti bibir, lidah dan yang lainnya.

Sponsors Link

  1. Komplikasi

Penyakit degenerasi pulpa juga bisa menimbulkan komplikasi. Hal ini disebabkan darah yang keluar dari pulpa berhasil masuk ke dalam tubuh. Sehingga sirkulasi menjadi terhambat dan pasokan darah serta oksigen ke organ vital menjadi berkurang.

Jika ini yang terjadi, metabolisme menjadi mampat, imun menurun dan nutrisi makanan penyembuh sariawan justru berubah menjadi detok. Akibatnya penyakit seperti ginjal, stroke hingga gangguan tumor akan bermunculan.

  1. Sakit Kepala Kronis

Orang yang mengalami gangguan pulpa nyerinya sampai ke kepala. Bahkan jika ada yang sakit semacam ini, Anda tidak boleh berbicara keras-keras di dekatnya karena suara benar-benar mengganggunya.

Ketergangguan ini terjadi karena ketidakmampuan pasien menahan rasa sakit plus nyeri kepala yang seakan ditusuk tusuk jarum.

  1. Gangguan Akar Gigi

Degenerasi pulpa yang parah bisa menimbulkan gangguan pada akar gigi. Bahkan akar gigi bisa rusak secara permanen. Hal ini disebabkan oleh pergerakan pulpa yang semakin keropos karena tidak bisa disembuhkan dengan cara mengobati herpes di lidah, sehingga antara akar gigi dengan permukaan gigi sudah semakin dekat.

Sponsors Link

Tentu posisi ini bisa merusak akar gigi karena masuknya bakteri ke dalam akar lebih cepat. Jika akar gigi sudah terinfeksi, tidak ada lagi yang bisa diselamatkan dari gigi Anda. Artinya gigi harus segera diangkat sebelum terjadi infeksi yang lebih parah.

  1. Stres

Sampai saat ini stres merupakan penyebab penyakit paling wahid dan penyebab munculnya gejala sindrom sjogren. Bahkan semua penyakit mematikan diawali dari penyakit ringan yang dihadapi dengan stres.

Degenerasi pulpa juga bisa menimbulkan stres. Karena penyakit ini menimbulkan rasa nyeri yang kronis. Sedangkan untuk langsung diobati tidak mungkin karena membahayakan syaraf sehingga pasien harus menunggu sembari menahan sakit yang luar biasa.

  1. Menurunkan Berat Badan

Gangguan degenerasi pulpa bisa membuat penderitanya kehilangan nafsu makan. Karena untuk makan saja, gigi sudah terasa sakit. Akibatnya badan semakin kurus karena nutrisinutrisi yang masuk ke badan sangat sedikit.

Itulah beberapa bahaya degenerasi pulpa yang harus Anda waspadai. Semoga gigi kita tetap sehat dan aman bebas dari segala macam gangguan termasuk gejala kanker mulut dan tumor gusi.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Monday 04th, March 2019 / 09:20 Oleh :