Sponsors Link

8 Akibat Tidak Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Secara Rutin

Sponsors Link

Hal-hal yang akan menimpa anda jika tidak rajin membersihkan gigi dan mulut. Tentu anda sudah tidak asing lagi mendengar peringatan mengenai bahaya gigi dan mulut yang kotor. Walau terkesan sederhana, kebiasaan buruk malas membersihkan gigi dan mulut dapat menyebabkan banyak penyakit yang membahayakan misalnya penyakit yang menyebabkan nafas bau.

ads

Tahukah anda bahwa kesehatan gigi dan mulut yang tidak terjaga akan mendatangkan banyak penyakit? Anda tentu tidak ingin sampai penyakit gigi dan mulut tersebut menyerang anda sebagai akibat tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut bukan? Sebagai pengingat bagi anda, maka berikut ini akan dijelaskan setidaknya 8 jenis penyakit gigi dan mulut yang akan menyerang gigi dan mulut yang kotor dan jarang dibersihkan. Selamat membaca!

Penyakit Akibat tidak Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Setelah mengetahui informasi di atas, kali ini anda dapat mengetahui bahwa bahaya jika jarang membersihkan gigi dan mulut dan menjaga kesehatannya. Padahal anda dapat menikmati keuntungan menjaga kesehatan gigi dan mulut, jika dilakukan dengan rajin. Hal ini ditunjukkan dengan bagaimana banyaknya jenis penyakit yang akan menyerang gigi dan mulut, jika tidak dijaga kesehatannya. Ada 8 penyakit yang anda harus waspadai sebagai efek jika tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut. Apa saja mereka? Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Penyakit Endokarditis

Penyakit endokarditis adalah yang pertama harus anda waspadai sebagai akibat tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut. Jenis penyakit yang satu ini diketahui merupakan penyakit yang menyerang jantung karena bakteri yang muncul dari mulut yang kotor. Bakteri tersebut dibawa oleh darah dari gusi ke jantung dan menyebarkan penyakit.

  1. Penyakit Gula

Diabetes atau tingginya gula darah merupakan penyakit yang juga dapat disebabkan oleh mulut yang tidak terjaga kebersihannya. Mulut yang kotor akan mudah iritasi dan melemahkan tugas tubuh mengolah gula dalam darah, sehingga penyakit gula darah yang tinggi pun mungkin terjadi. Salah satunya pun gusi dapat mudah mengalami peradangan dan harus segera dicari cara mencegah radang gusi tersebut.

  1. Penyakit Jantung

Akibat tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut pun dapat ditunjukkan dengan penyakit jantung seperti gangguan peredaran darah dan juga stroke yang diakibatkan oleh bakteri yang muncul pada mulut yang kotor.

  1. Penyakit Kanker

Hati-hati juga dengan ancaman penyakit kanker yang mungkin menyerang seseorang. Anda tentu mengetahui bahwa penyakit kanker adalah penyakit berbahaya  yang juga dapat menyerang gigi dan mulut yang tidak terjaga kesehatannya, misalnya saja kanker pipi yang mungkin terjadi karena kebersihan yang tidak terjaga.

  1. Penyakit Obesitas

Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki masalah kesehatan gusi dapat juga memiliki resiko penyakit obesitas yang tinggi. Jadi hindarilah penyakit gusi yang mungkin disebabkan oleh gigi dan mulut yang kotor dan tidak sehat.

Sponsors Link

  1. Penyakit Paru-paru

Gigi dan mulut yang tidak sehat pun ternyata dapat mempengaruhi kondisi paru-paru anda. Khususnya dalam hal menyebabkan seseorang menjadi lebih mudah sesak nafas. Sebab itu, hindarilah penyebab penyakit paru-paru karena masalah gigi dan mulut.

  1. Penyakit Periodontal

Tentu sudah pasti gigi dan mulut yang tidak terjaga kebersihannya dapat menyerang kesehatan gusi. Salah satunya yaitu sebagai pemicu munculnya penyakit gingivitis. Penyakit ini akan menyebabkan gusi anda berdarah, bengkak, seperti infeksi. Jadi segeralah temukan cara mengobati gingivitis tersebut, baik alami maupun bantuan medis.

  1. Penyakit Reproduksi

Terakhir, seorang wanita yang jarang menjaga kesehatan gigi dan mulutnya diketahui akan mengalami gangguan reproduksi. Gangguan reproduksi tersebut antara lain adalah sulitnya perempuan untuk hamil dan memiliki anak dari kandungannya sendiri.

Itulah tadi informasi dan penjelasan mengenai 8 penyakit yang harus anda waspadai akibat tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut yang lalai anda lakukan. Jadi mulai dari sekarang pastikanlah untuk selalu melakukan upaya dalam penjagaan kesehatan gigi dan mulut, mulai dari menggosok gigi, menggunakan obat kumur, dan periksa ke dokter secara rutin. Semoga berbagai infomrasi ini dapat anda gunakan dan manfaatkan agar anda selalu sehat dan terhindar dari penyakit yang berbahaya.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Monday 13th, November 2017 / 07:00 Oleh :
Kategori : Kesehatan Mulut