Sponsors Link

10 Akibat Merokok Bagi Kesehatan Gigi yang Tidak Diketahui Perokok

Sponsors Link

Para medis sudah menyatakan kalau merokok adalah kebiasaan yang tidak bagus bagi kesehatan. Pemerintah juga melakukan berbagai penyuluhan tentang bahaya rokok, tentang cara menghilangkan karang gigi dengan air garam hingga mengajak pabrik rokok sendiri berkampanye tentang anti rokok sehingga lahirlah tulisan rokok membunuhmu, dilarang memberi pada anak berusia dibawah 18 tahun, rokok penyebab kanker serta  impoten dan lain lain.

ads

Akan tetapi, himbauan bahkan teguran diatas tidak pernah didengarkan oleh para perokok. Mereka happy happy saja merokok tanpa batas. Bahkan tanpa disadari asap rokok tersebut telah mengganggu kenyamanan publik. Padahal buah penyembuh sariawan lebih oke.

Nah, pada artikel berikut ini kami akan menjelaskan tentang akibat merokok bagi kesehatan gigi. Semoga artikel ini bisa meningkatkan semangat anda utamanya para perokok untuk berhenti merokok dengan cara minum minuman penghilang bau mulut. Itu pun kalau anda ingin memiliki gigi yang sehat, berkualitas dan menunjang penampilan terbaik anda.

  1. Gigi Berlubang

Jika anda terbiasa merokok, itu sama artinya anda memasukkan gas panas ke dalam gigi anda. Efek dari gas ini adalah membuat filterisasi di daerah luar gigi menjadi panas dan tipis. Sehingga jamur atau kuman berani untuk melakukan infeksi didalamnya.

Jika gigi terinfeksi, perlahan lahan lapisan padat gigi akan mengelupas dan patah. Jika ini dibiarkan dalam waktu lama tanpa disembuhkan dengan cara merawat bibir luka, tentu gigi anda bisa berlubang yang pada waktu waktu tertentu akan mendatangkan nyeri luar biasa.

  1. Gigi Sensitif

Efek dari merokok ketika menyerang gigi adalah apa yang dikenal dengan istilah Reeceding Gums. Ini merupakan istilah medis yang bermakna meningkatnya sensitifitas gigi akibat over ketika mempraktekkan cara mengatasi mulut kering secara alami. Sensitivitas gigi ini terjadi akibat penurunan fungsi gusi yang sudah tercemar asap rokok. Jadi jangan heran kalau bagi perokok, gigi linu linu dan kesemutan adalah hal yang sering terjadi.

  1. Kanker Gusi

Di dalam rokok terdapat zat yang disebut nikotin. Ketika zat nikotin ini masuk ke dalam mulut, akibat proses pembakaran, maka zatnya berubah menjadi racun atau detox. Fungsi racun ini adalah merusak sel baik ( positif ) menjadikannya sel radikal atau kanker. Jadi kalau racun ini masuk ke gusi, penyakit kanker gusi punya peluang besar untuk menyerang.

  1. Gangguan Pulpa

Gangguan pulpa atau pulpitis ternyata juga disebabkan oleh asap rokok. Radang pulpa seharusnya bisa diobati dengan cara pemulihan pasca operasi gigi graham bungsu yaitu memasukkan zat anti bakteri ke dalamnya. Tetapi, pengobatan akan sia sia jika anda rajin merokok. Karena asap rokok akan menjamin bakteri tetap ada sehingga peradangan pada pulpa sukar diobati.

  1. Gigi Berbau Busuk

Bukan hanya sisa makanan yang membuat gigi berbau busuk, asap rokok pun membuat gigi berbau menyengat. Hal ini dikarenakan asap rokok membuat lokasi gigi mengering. Sehingga bakteri penyebab bau mulut akan berdiam disana menyuntikkan zat sulfur serupa belerang. Sulfur inilah yang membuat gigi anda berbau. 

Sponsors Link

  1. Gigi Menguning

Bagi anda yang perokok, coba lihat belakang filter atau gabus yang ada dibawah rokok anda. Pasti, sekali anda menghisap, warna gabusnya yang awalnya putih menjadi kuning. Semakin banyak hisapan anda, warna kuningnya semakin jelas dan kental.

Nah, warna kuning tersebutlah yang sebagian menempel di filter rokok tetapi sebagiannya lagi menempel pada gigi anda. Maka dari itu, semakin sering anda merokok, warna kuning gigi anda semakin kentara. Itu memang tidak masalah apakagi jika anda suka makan buah penghilang bau mulut. tetapi saya jamin penampilan anda menurun secara drastis.

  1. Timbul Plak Gigi

Akibat merokok bagi kesehatan gigi yang ketujuh adalah timbul plak gigi. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, kalau zat nikotin mudah menempel pada area mulut yang kental. Nah,  email gigi adalah lapisan lunak gigi yang akan mengental kalau mulut sedang kering.

Jika anda merokok, tentu nikotin akan menempel pada email yang lama kelamaan akan membuat email gigi menjadi rusak dan plak gigi mulai bermunculan. Ini tidak mudah diobati sekalipun dengan cara mengobati bibir bengkak akibat kecelakaan yang mahal.

  1. Gigi Mati

Bukan hanya mati suri yang kita kenal, gigi mati juga sering terjadi dalam prilaku medis. Hal ini diakibatkan oleh tidak berfungsinya akar gigi akibat rusaknya jaringan akar. Nah, kerusakan jaringan akar seringkali disebabkan oleh trauma dan masuknya zat nikotin ke dalam gigi. Apalagi jika gigi anda sudah berlubang. 

Sponsors Link

  1. Napas Tidak Sedap

Sering kali kita salah mentafsirkan napas berbau. Kita beranggapan itu disebabkan oleh gejala stomatitis yaitu mulut yang kotor dan kusam. Padahal gigilah yang paling berpengaruh membuat mulut anda bau.

Gigi yang dipenuhi bakteri akan menyuntikkan zat belerang yang berbau menyengat. Seharusnya ini bisa diatasi dengan berkumur kumur. Tetapi jika anda perokok cara tersebut adalah sia sia.

  1. Gigi Goyah Tanpa Sebab

Bahaya merokok bagi kesehatan gigi yang harus anda perhatikan lebih serius adalah gigi goyah tanpa sebab.

Merokok bisa membuat gigi mengalami pemanasan ekstrim. Nah pada gigi depan, teksturnya cukup tipis sehingga mudah sekali mengalami perubahan bentuk. Tentu, gigi semacam ini tidak begitu kuat pada pemanasan akibat anda suka merokok, sehingga goyah dan patah bisa menjadi ganjaran.

Itulah 10 Akibat merokok bagi kesehatan gigi tanpa cara menyembuhkan luka di bibir yang harus anda perhatikan. Semoga ini bisa meningkatkan semangat anda untuk berani lantang bersuara, not for smoking.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Sunday 11th, November 2018 / 00:57 Oleh :
Kategori : Kesehatan Mulut